Show simple item record

dc.contributor.advisorDilham, Ami
dc.contributor.authorSinaga, Dewi
dc.date.accessioned2019-03-19T03:23:34Z
dc.date.available2019-03-19T03:23:34Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.otherNurhusnah Siregar
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/12595
dc.description130502164en_US
dc.description.abstractRumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar merupakan sebuah rumah sakit yang mempunyai visi untuk menjadi rumah sakit favorit tahun 2020 di Pematangsiantar. Didasari oleh pengamatan sementara yang dilakukan kepada 30 orang responden secara acak pada pasien Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar, 20 orang diantaranya menyatakan menggunakan jasa di Rumah Sakit Horas Insani karena faktor harga dan kualitas pelayanannya sehingga peneliti memiliki ketertarikan melakukan penelitian mengenai pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah prenelitian asosiatif, karena peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Pengumpulan data primer dilakukan melalui kusioner yang disebarkan pada kriteria pasien yang berusia minimal 17 tahun, sedang masa pemulihan dan pernah melakukan rawat inap di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar dengan sampel penelitian sebanyak 89 pasien rawat inap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, metode kuantitatif dan uji regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier berganda secara simultan. Berdasarkan uji siginifikan secara parsial, bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien. Variabel yang paling dominan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien adalah variabel kualitas pelayanan.en_US
dc.description.abstractHoras Insani Hospital is a hospital with vision to become the favorite hospital of 2020 in Pematangsintar. Constituted by observation while down to 30 people at random at Horas Insani Hospital respondent patients, 20 of them said using services at The Horas Insani Hospital because the price and service quality so researches have an interest in doing research on the influence prices and quality of the service for the satisfaction of the patient at a hospital. The purpose of research to examine the influence of price and service quality on inpatient satisfaction at Horas Insani Hospital. This type of research is the study of associative, as the researchers want to know how to influence the price and service quality on inpatient satisfaction at Horas Insani Hospital. The collection of primary data is done through the kusioner spread on the criteria of patients who ar at least 17 years of age, was entering a period of recovery , and ever doing inpatient at Horas Insani Hospital with a sample of research as much as 89 patients hospitalization. Methods of data analysis used is descriptive method and quantitative methods, multiple linier regression was employed for a hypotheses testing added by SPSS. The result of this research show that the variable price and service quality of influential positive and significant on inpatien satisfaction at the Horas Insani Hospital. This can be seen from the result of simultaneous linier regression test. Using a simultaneous test (F-test), this research showed that combinations of price and serice quality positively and significanltly influenced inpatient satisfaction at Horas Insani Hospital. Furthermore, a partial test (t-test) revealed that service quality had a more dominant influence on inpatient satisfaction at Horas Insani Hospital.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKepuasan Pasienen_US
dc.subjectHargaen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.titlePengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantaren_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record