Show simple item record

dc.contributor.advisorSitompul, Darwin
dc.contributor.advisorNazaruddin
dc.contributor.authorSyahputra, Ricky
dc.date.accessioned2018-03-23T02:11:14Z
dc.date.available2018-03-23T02:11:14Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.otherFranz
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/1284
dc.description087007033en_US
dc.description.abstractKinerja penjualan Semen Andalas di Sumatera Utara yang pernah mencapai target hanya di tahun 2007 dan 2008, sedangkan di tahun 2009 dan 2010 tidak mencapai target. Terjadi fluktuasi penjualan setiap tahunnya, karena persaingan dengan berbagai merek semen yang beredar sangat ketat. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan sehingga target yang diharapkan tercapai. Penjualan sangat erat kaitannya dengan keputusan pembelian. Dalam konsep penjualan, konsumen membeli suatu produk karena berbagai pertimbangan yang disesuaikan dengan kondisi dan karakter dari konsumen. Produk dengan tingkat permintaan konsumen yang semakin bertambah atau berkembang seperti consumer goods, faktor-faktor yang memberikan pengaruh kepada konsumen dalam memutuskan pembelian produk terdiri dari produk, harga dan citra merek. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah tidak tercapainya realisasi penjualan semen Andalas di Kota Medan pada tahun 2009 dan 2010, sehingga perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli Semen Andalas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang dilakukan untuk mengumpulkan, menabulasi, mengklarifikasi dan menginterprestasikan data dan melakukan pengujian hipotesis sesuai keperluan yang diinginkan. Pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen semen di Kota Medan yang membeli produk semen Andalas di toko bangunan, karena besar populasi tidak dapat diketahui secara pasti berapa jumlahnya, oleh karena itu sulit mencari berapa jumlah populasi yang tepat. Maka populasi didasarkan pada jumlah toko bangunan yang menjual Semen Andalas yakni 211 toko. Hasil dari perhitungan rumus Slovin diperoleh besar sampel sebesar 68 orang. Dengan pertimbangan terbatasnya waktu, dana dan tenaga, penentuan sampel menggunakan teknik area sampling. Data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah dengan analisis data kuantitatif, yakni bentuk analisa yang menggunakan angka-angka dan perhitungan dengan metode statistik yakni uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 17. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) 77% variabel dependen Keputusan Pembelian Semen Andalas dipengaruhi oleh variabel independen yang terdiri dari Produk, Harga dan Citra merek. Sedangkan sisanya 23% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. (b) Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah Harga (X2). Variabel tertinggi kedua yang memberikan pengaruh besar terhadap keputusan pembelian adalah Variabel Citra Merek dan variabel ketiga yang memberikan pengaruh besar terhadap keputusan pembelian adalah Produk (X1) yang memiliki nilai koefisien sebesar 0,196 (c) Selama ini di dalam upaya mempengaruhi keputusan pembelian semen, strategi perusahaan lebih mengedepankan citra merek, hal ini cukup bertentangan dengan hasil penelitian.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumenen_US
dc.subjectPengambilan Keputusan Pembelian Produken_US
dc.subjectStudi Kasus Pada PT. Lafarge Cement Indonesia Medanen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Semen Andalas (Studi Kasus Pada PT. Lafarge Cement Indonesia Medan)en_US
dc.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record