Strategi Mengoptimalkan Program Corporate Social Responsibility di PT. Angkasa Pura II (Persero) Cabang Kualanamu

View/ Open
Date
2015Author
Handoyo, Supri
Advisor(s)
Sitompl, Darwin
Muluk, Chairul
Metadata
Show full item recordAbstract
Corporate Social Responsibility (CSR) telah lama dilaksanakan oleh PT
Angkasa Pura II (Persero) atau AP II (Persero) memiliki komitmen kuat untuk
senantiasa memberikan manfaat kepada para pemangku kepentingan secara luas,
AP II (Persero) menyadari bahwa kegiatan operasional yang dijalankannya dapat
memberikan dampak bagi masyarakat di sekitar lokasi bandara, baik dampak
ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kegiatan CSR yang dilaksanakan AP II
mencerminkan tanggung jawab moralnya terhadap para pemangku kepentingan,
yang akan tetap dijunjung dengan atau tanpa adanya aturan hukum.
CSR yang dilaksanakan AP II (Persero) Cabang Kualanamu berbentuk
Program Kemitraan dan Bina Lingkungan kepada masyarakat di sekitar kawasan
Bandara Kualanamu. Program CSR AP II yang berlangsung selama ini
mengalami kendala karena belum tepat sasaran dan belum dirasakan manfaatnya
secara optimal oleh masyarakat di sekitar Bandara Kualanamu. Hal ini dibuktikan
dengan masih adanya keluhan dari masyarakat, serta program yang diberikan
belum sesuai dengan keinginan masyarakat. Tujuan utama penelitian yakni
merumuskan strategi yang tepat dalam upaya mengoptimalkan program CSR AP
II (Persero) Cabang Kualanamu..
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan. Data yang
diperoleh dianalisis dengan analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal,
kemudian dilanjutkan dengan analisis SWOT. Kesimpulan pada penelitian ini
bahwa strategi diversifikasi merupakan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan
pelaksanaan CSR. Strategi Diversifikasi merupakan keanekaragaman jenis usaha
baik yang saling berkaitan maupun yang tidak saling berkaitan untuk
mengoptimalkan pelaksanaan CSR AP II (Persero) Cabang Kualanamu.