Pengaruh Kreativitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin Alumni pada Mahasiswa Pertanian Universitas Sumatera Utara

View/ Open
Date
2017Author
Falatehan, M. Eky
Advisor(s)
Dalimunthe, Ritha F.
Dilham, Ami
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of creativity and quality of service to customer satisfaction canteen USU alumni on agricultural students. The sample in this study using a random sampling consisting of 60 respondents who are students of USU agriculture. Data analysis technique used is descriptive analysis techniques and statistical analysis techniques and methods of collecting data through interviews, the question, and documentation study. In the results showed that the creativity and quality of service simultaneously significant effect on customer satisfaction with the value of F 20.912> Ftable value of 3.16. Partial test shows that the creativity and quality of service respectively positive and significant impact on customer satisfaction, which tcount creativity variables are 3.938 and 3.071 thitung service quality variable where each larger than ttable value of 2.002. Adjusted R Square value obtained from the test results Determinant coefficient (R2) of 0.403 against customer satisfaction explains that the 40.3% customer satisfaction is able to be explained by the independent variables of creativity and quality of service. While the remaining 59.7% is explained by other variables not examined in this study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan kantin alumni pada mahasiswa pertanian USU. Sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yang terdiri dari 60 responden yang merupakan mahasiswa pertanian USU. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik dan metode pengumpulan data melalui wawancara, daftar pertanyan, dan studi dokumentasi.
Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan kualitas pelayanan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan dengan nilai Fhitung 20,912 > nilai Ftabel 3,16. Uji parsial menunjukkan bahwa kreativitas dan kualitas pelayanan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan, dimana nilai thitung variabel kreativitas adalah 3,938 dan thitung variabel kualitas pelayanan 3,071 dimana masing-masing lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,002.
Nilai Adjusted R Square yang didapat dari hasil pengujian Koefisien Determinan (R2) terhadap kepuasaan pelanggan sebesar 0,403 menjelaskan bahwa 40,3% kepuasaan pelanggan mampu dijelaskan oleh variabel independen kreativitas dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 59,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Skripsi Sarjana [609]