Show simple item record

dc.contributor.advisorIsranuri, Ikhwansyah
dc.contributor.authorSandi, Suci Nurlia
dc.date.accessioned2019-08-01T08:02:18Z
dc.date.available2019-08-01T08:02:18Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/16413
dc.description92 Halamanen_US
dc.description.abstractRem merupakan salah satu faktor penting dalam sistem pengereman, karena pentingnya fungsi rem pada kendaraan perlu dilakukannya kajian mendalam tentang koefisien gesek, keausan dan tahap-tahapnya. Simulasi dengan menggunakan metode elemen hingga (FEM) merupakan salah satu program untuk menentukan fenomena-fenomena yang terjadi pada suatu komponen. Dalam penelitian ini telah mensimulasikan gaya pengereman belakang (tromol) kendaraan sepeda motor. Metode yang digunakan adalah memodelkan gesekan pada proses pengereman. Analisa tersebut dilakukan dengan menggunakan simulasi program dengan metode elemen hingga (FEM) dalam bentuk pemodelan 3D. Material kampas rem adalah komposit (cangkangn kemiri,serat daun nenas, aluminium dan polyuretan). Karena proses pengereman dengan tekanan dan gaya momen yang berubah-ubah maka analisa dilakukan dengan analisa statis bertujuan untuk mendapatkan hasil deformasi dan von misses dan dinamis untuk mendapatkan hasil frictional stress, sliding distance dan pressure agar mendapatkan nilai koefisien gesek simulasi. Perubahan terjadi dengan memberikan variasi pembebanan dengan kecepatan konstan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa semakin besar beban yang diberikan maka semakin besar nilai tegangan yang terjadi pada kampas rem.en_US
dc.description.abstractBrakes are one of the important factors in the braking system, because the importance of the brake function on the vehicle needs to do an in-depth study of the coefficient of friction, wear and stages. Simulation using the finite element method (FEM) is one program to determine the phenomena that occur in a component. In this study has simulated the rear braking force (drum) of a motorcycle vehicle. The method used is modeling friction in the braking process. The analysis was carried out using program simulations with the finite element method (FEM) in the form of 3D modeling. Brake lining material is composite (shell nut, pineapple leaf fiber, aluminum and polyurethane). Because the braking process with pressure and moment forces change, the analysis is carried out with static analysis aiming to obtain deformation results and von misses and dynamically to obtain the results of frictional stress, sliding distance and pressure to get the simulation coefficient of friction value. Changes occur by giving variations of loading at a constant speed.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKampas Remen_US
dc.subjectKompositen_US
dc.subjectPembebananen_US
dc.subjectFEAen_US
dc.subjectSimulasien_US
dc.titleAnalisa Simulasi Performansi Kampas Rem Komposit dengan Variasi Beban Pemodelan Metode Elemen Hinggaen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
dc.identifier.nimnipnik140401039


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record