Show simple item record

dc.contributor.advisorSanusi, Sri Rahayu
dc.contributor.advisorSyahrial, Eddy
dc.contributor.authorSidabutar, Ice Mayanti Silviana
dc.date.accessioned2019-08-13T01:34:55Z
dc.date.available2019-08-13T01:34:55Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/16674
dc.description179 Halamanen_US
dc.description.abstractPainful menstruation or dysmenorrhea is pain during menstruation that interfere with daily life of women. Dysmenorrhoea may also weaken so that one becomes weak, not powerful that negatively impact their daily activities and psychologically very disturbing. Therefore, an effort in the form of health education are needed to improve the knowledge and attitude of adolescents about dysmenorrhoea. This study aims to determine the effect of Health Education with Methods Lecture and Discussion Methods Against Students Knowledge of dysmenorrhoea in a giant in 2016 at SMA Swasta Raksana Medan Terrain type of research is quasi experiment. This study used two groups with a sample of 30 students were treated extension with the lecture method and 15 students are educated by the method of discussion. Analysis of the results is done by using Paired Sample T Test and analyzes the influence of using Independent test sample T Test. The results showed that is obtained there are differences in student knowledge about dysmenorrhea before and after counseling and discussion with the lecture method with (p=<0,001 ≤ 0,016) and the results showed there are differences in student attitudes about dysmenorrhea before and after counseling and discussion with the lecture method with (p =< 0.001 ≤ 0,037). Suggested health authorities in order to further develop health promotion especially for adolescents on reproductive health knowledge especially dysmenorrhoea through a partnership with the school to provide health education to the students least once a month so that students have a good knowledge and attitudes about reproductive health, especially dysmenorrhoea.en_US
dc.description.abstractNyeri haid atau dismenorea adalah rasa nyeri saat menstruasi yang mengganggu kehidupan sehari-hari wanita. Dismenorea dapat juga melemahkan sehingga seseorang menjadi lemas, tidak bertenaga sehingga berdampak negatif pada kegiatannya sehari-hari dan secara psikologis akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, suatu upaya dalam bentuk penyuluhan kesehatan sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang dismenorea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan Siswi tentang Dismenorea di SMA Swasta Raksana Medan Tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok dengan jumlah sampel 30 siswa diberi perlakuan penyuluhan dengan metode ceramah dan 15 siswa diberi penyuluhan dengan metode diskusi. Analisa hasil dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T Test serta analisa pengaruh menggunakan uji Independent sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh ada perbedaan pengetahuan siswi tentang dismenorea sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi dengan nilai (p =< 0,001 ≤ 0,016) dan terdapat perbedaan sikap siswi tentang dismenorea sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi dengan nilai (p =<0,001 ≤ 0,037) Disarankan pihak kesehatan agar lebih mengembangkan promosi kesehatan terutama bagi remaja tentang pengetahuan kesehatan reproduksi khsususnya dismenorea melalui kerjasama dengan pihak sekolah untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada siswi minimal sebulan sekali sehingga siswa memiliki pengetahuan dan sikap yang baik tentang kesehatan reproduksi khususnya dismenorea.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPenyuluhanen_US
dc.subjectMetode Ceramahen_US
dc.subjectMetode Diskusien_US
dc.subjectPengetahuanen_US
dc.subjectSikapen_US
dc.subjectDismenoreaen_US
dc.titlePengaruh Metode Ceramah dan Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswi tentang Dismenorea di SMA Swasta Raksana Medan Tahun 2016en_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik147032052


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record