Show simple item record

dc.contributor.advisorWidayati, Dwi
dc.contributor.advisorSiregar, Asrul
dc.contributor.authorSari, Deby Ratna
dc.date.accessioned2019-09-26T02:50:17Z
dc.date.available2019-09-26T02:50:17Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/18821
dc.description69 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tindak tutur direktif dan ekspresif dalam interaksi belajar mengajar guru dan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pancur Batu dengan kajianpragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif dan ekspresif, menentukan tindak tutur yang dominan, dan alasan tindak tutur tersebut dominan terdapat dalam interaksi belajar mengajar guru dan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pancur Batu. Penelitian ini menggunakan teori tindak tutur, pragmatik, dan konteks situasi tutur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap, teknik simak libat cakap dan teknik catat. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan dengan teknik dasar pilah unsure penentu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat terdapat 10 bentuk tindak tutur direktif, antara lain meminta, memerintahkann, mempertanyakan, memohon, melarang, menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, mengajak, memberi nasihat, dan 6 bentuk tindak tutur ekspresif, antara lain mengucapkan selamat, mengkritik, mengeluh, menyalahkan, meminta maaf, dan mengucapkan terima kasih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur yang dominan digunakan dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pancur Batu adalah tindak tutur direktif yang berupa meminta, memerintahkan, mempertanyakan, melarang, menyuruh , memohon, menyarankan, menuntut, mengajak, memberi nasihat. Tindak tutur direktif adalah tindak tutur yang dominan dibanding tindak tutur ekspresif karena dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pancur Batu, guru merupakan orang yang berperan dominan dalam melakukan tindak tutur. Dalam melakukan tindak tutur, guru lebih dominan menggunakan tindak tutur direktif yang berupa meminta, memerintahkan, mempertanyakan, melarang, dan menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, mengajak, dan memberi nasihat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectTindak Tutur Direktifen_US
dc.subjectTindak Tutur Ekspresifen_US
dc.subjectPragmatiken_US
dc.subjectInteraksi Belajar Mengajaren_US
dc.subjectGuru dan Siswaen_US
dc.titleTindak Tutur Direktif dan Ekspresif dalam Interaksi Belajar Mengajar Guru dan Siswa di Smp Negeri 1 Pancur Batu: Kajian Pragmatiken_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
dc.identifier.nimnipnik120701056


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record