Iklan Televisi dan Brand Awareness (Pengaruh Tayangan Iklan Televisi “Sprite” Terhadap Brand Awareness di Kalangan Siswa/i SMA Negeri 2 Medan)

View/ Open
Date
2017Author
Asriyanti, Novi
Advisor(s)
Kurniawati, Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berjudul “IKLAN TELEVISI DAN BRAND AWARENESS
(Pengaruh Tayangan Iklan Televisi “Sprite” Terhadap Brand Awareness Di
Kalangan Siswa/i SMA Negeri 2 Medan)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar Pengaruh Tayangan Iklan Televisi Sprite terhadap
Brand Awareness Siswa/i SMA Negeri 2 Medan. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Komunikasi Massa, Komunikasi Pemasaran, Periklanan,
AIDDA, dan Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan metode korelasional
yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidak adanya pengaruh antara variabel
X (Tayangan Iklan Televisi “Sprite”) dengan variabel Y (Brand Awareness).
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Medan. Teknik analisis data yang
digunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus Korelasi Rank-Order (Spearman’s Rho Rank-Order
Correlation). Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuisioner dan
penelitian kepustakaan (Library Research). Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa/i SMA Negeri 2 Medan yang pernah menonton tayangan iklan Sprite versi
Kenyataan Gak Kayak Drama Korea di Televisi berjumlah 1796 orang dengan
menggunakan rumus Taro Yamane mengambil sampel sebanyak 95 orang dari
populasi. Teknik penarikan sampel adalah proportional stratified sampling dan
purposive sampling. Teknik analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji
hipotesis dengan menggunakan rumus Spearman’s Rho Rank-Order Correlation
melalui program SPSS For Windows 22.0 dan menggunakan skala Guilford
dengan hasil hipotesis diterima, yaitu terdapat pengaruh tayangan iklan televisi
“Sprite” terhadap brand awareness di kalangan siswa/i SMA Negeri 2 Medan. Uji
hipotesis, diperoleh bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y memiliki
korelasi yang cukup berarti. Jadi hasil penelitian menunjukkan Pengaruh
Tayangan Iklan Televisi “Sprite” Terhadap Brand Awareness Siswa/i SMA
Negeri 2 Medan memiliki pengaruh yang cukup berarti. This research entitled “TELEVISION ADS AND BRAND AWARENESS (Influence
of Television Advertising Impressions "Sprite" Against Brand Awareness Among
Students In SMA Negeri 2 Medan)”. The purpose of this study was to determine
how much television Sprite Ad Impressions Influence on Brand Awareness
Students In SMA Negeri 2 Medan. The theory used in this study is a Mass
Communications, Marketing Communications, Advertising, AIDDA, and Brand
Awareness. This study uses a correlation method that aims to discover the
presence or absence of the influence of variables X (Television Ad Impressions
"Sprite") with a variable Y (Brand Awareness). This research was conducted in
SMA Negeri 2 Medan. Data analysis techniques used single-table analysis, cross
table analysis and hypothesis testing using the formula Rank-Order Correlation
(Spearman's Rho Rank-Order Correlation). Data collection techniques by using
questionnaires and research library (Library Research). The population in this
study were students / SMA Negeri 2 Medan who have seen an ad impression
Sprite versions fact Gak Kayak Television Drama Korea in 1796 amounted to
people using the formula Yamane Taro took a sample of 95 people from the
population. The sampling technique is proportional stratified sampling and
purposive sampling. Mechanical analysis of a single table, the analysis of cross
table, and hypothesis testing using the formula of Spearman's Rho Rank-Order
Correlation through the program SPSS for Windows 22.0 and uses a scale of
Guilford with the results of the hypothesis is accepted, that there are significant
impressions television advertising "Sprite" the brand awareness among students /
SMA Negeri 2 Medan. Hypothesis testing, found that the effect of variable X to
variable Y has a significant correlation. So the results showed Influence of
Television Advertising Impressions "Sprite" Brand Awareness Against Students /
SMA Negeri 2 Medan has a significant influence.
Collections
- Skripsi Sarjana [443]