Show simple item record

dc.contributor.advisorMazdalifah
dc.contributor.authorRitonga, Heppy Mariana
dc.date.accessioned2019-10-08T00:51:22Z
dc.date.available2019-10-08T00:51:22Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19323
dc.description150 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Komunikasi Efektif Relawan dalam Proses Belajar Mengajar pada Anak (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Komunikasi Efektif Relawan dalam Proses Belajar Mengajar pada Anak-Anak di Kelas Dewantara Marendal)”. Tujuannya adalah menggambarkan secara mendalam komunikasi efektif relawan dan mengetahui media pembelajaran yang digunakanpada proses belajar mengajar anak-anak di Kelas Dewantara Marendal. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu Komunikasi Efektif, Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran, Belajar dan Mengajar dan Media Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan paradigma positivis. Penelitian ini melibatkan 4 relawan sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua informan melakukan komunikasi efektif dalam konteks pembelajaran dilihat dari kemampuan informan untuk mengungkapkan perasaan siswa,menjelaskan perasaan yang diungkapkan siswa, dan mendorong siswa untuk memilih perilaku alternatif. Agar semakin terciptanya komunikasi efektif, informan menerapkan metode belajar sambil bermain dengan didukunggambar dan permainan sebagai medianya.en_US
dc.description.abstractThe title of the research is “Communication Effectiveness of volunteers to children(Descriptive Qualitative Study of Communication Effectiveness of Volunteers in teaching learning process to children)”. The goal is describes about communication effectiveness of volunteers and to know the learning media use in teaching learning process to children in Kelas Dewantara Marendal. The theories in this study effective communication, effective communication in learning, learning and teaching, and education/learning media.The study applies descriptive-qualitative method in positivis paradigm.There are 4 volunteers of Kelas Dewantara Marendal as the informants. The methods of data collection procedure are in-depth interview, partisipative observation, and secondary data collection from documents and reports of others. The research show that all informant do communicationeffectiveness in learbing context. It can see through informant ability to show students feeling, explain the feeling, and push the students to choose alternate behavior. So effective communication can made informant use playing while learning method support byy pictures and games as the media.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKomunikasi Efektifen_US
dc.subjectRelawanen_US
dc.subjectAnaken_US
dc.titleKomunikasi Efektif Relawan pada Anak (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Komunikasi Efektif Relawan dalam Proses Belajar Mengajar pada Anak-Anak di Kelas Dewantara Marendal)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
dc.identifier.nimnipnik130904074


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record