Show simple item record

dc.contributor.advisorRochadi, R. Kintoko
dc.contributor.advisorTukiman
dc.contributor.authorSiallagan, Ermawaty Arisandi
dc.date.accessioned2019-10-11T11:54:48Z
dc.date.available2019-10-11T11:54:48Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19552
dc.description204 Halamanen_US
dc.description.abstractToday, drug abuse is commonly done among adolescents such as high school and college students; 65% of them used drugs in 2011. The most effective strategy of preventing from and handling napza in changing adolescents’ behavior is through health education such as peer education and interactive lecture methods. The objective of the research was to find out the influence of peer education and interactive lecture methods on students’ knowledge and attitude at SMA PAB 4 Sampali, Percut Sei Tuan. The research used quasi experiment method. The population was 160 students and 60 of them were used as the samples with 30 of them were in the peer education method and the other 30 students were in the interactive lecture method. The data were gathered by using questionnaires and analyzed by using paired t-test, Wilcoxon test, and Mann-Whitney test. The result of the research showed that health education with interactive lecture method had the influence on the increase in students’ knowledge (p<0.001) and attitude (p<0.001) toward napza. Health education with peer education had the influence on the increase in students’ knowledge (p<0.001) and attitude (p<0.001) toward napza. Health education with peer education was more effective in knowledge and attitude than interactive lecture. It is recommended that the school management make the policy on any activity in increasing information about napza to adolescents by providing peer education method since it is the most appropriate for adolescents. It is also recommended that the management of BNN make ex-napza users participate in health education about napza so that the program is not tedious since it obtains the experience of ex-napza users.en_US
dc.description.abstractPenyalahgunaan narkoba saat ini justru banyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Pemakaian narkoba dikalangan pelajar 65% di tahun 2011 pelajar menggunakan obat-obat terlarang. Strategi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan napza pada remaja yang paling efektif dengan perubahan perilaku melalui pendidikan kesehatan seperti pendidikan sebaya dan ceramah interaktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan sebaya dan ceramah interaktif terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMA tentang napza di SMA PAB 4 Sampali Percut Sei Tuan. Jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa berjumlah 160 orang, sedangkan sampel sebanyak 60 orang untuk sampel terdiri dari 30 orang sebagai pendidikan sebaya dan 30 orang sebagai ceramah interaktif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisa data dengan paired T-test, uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan ceramah interaktif berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan (p<0,001) dan sikap (p<0,001) siswa tentang napza. Pendidikan kesehatan dengan pendidikan sebaya berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan (p<0,001) dan sikap (p<0,001) siswa tentang napza. Pendidikan kesehatan dengan pendidikan sebaya lebih efektif terhadap pengetahuan dan sikap dibandingkan ceramah interaktif. Diharapkan dijadikan pertimbangan bagi pihak sekolah dalam pengambilan kebijakan dalam kegiatan peningkatan informasi remaja mengenai napza dengan menggunakan metode pendidikan sebaya karena lebih tepat sasaran untuk remaja dan disarankan pada pihak BNN untuk mengikutsertakan mantan pengguna napza dalam melakukan pendidikan kesehatan tentang napza sehingga suasana pendidikan kesehatan tidak membosankan karena menggali pengalaman mantan pengguna napza.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectNapzaen_US
dc.subjectPendidikan Sebayaen_US
dc.subjectCeramah Interaktifen_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.titlePengaruh Metode Pendidikan Sebaya dan Metode Ceramah Interaktif Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMA Tentang Napza di SMA PAB 4 Sampali Percut Sei Tuan Tahun 2016en_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik147032055


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record