Show simple item record

dc.contributor.advisorAsmara, Sakhyan
dc.contributor.advisorKholil, Syukur
dc.contributor.authorRahma, An Nisa Dian
dc.date.accessioned2019-11-08T08:45:08Z
dc.date.available2019-11-08T08:45:08Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20275
dc.description224 Halamanen_US
dc.description.abstractCommunication strategy is one of the important components in the teaching-learning process. Teachers should have the capacity to communicate well in teaching in order to increase their students' learning performance. The objective of the research was to find out the communication strategy of the teachers at Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri, Medan, in guiding Grade 12 students of Senior High School to get good performance, some enabling and inhibiting factors in their process of communication, and the implementation of the forms of their communication strategy in increasing their students' learning performance. The research used qualitative method with case study design. The respondents were 7 teachers and 5 triangulation informants. The result of the research showed that the BKB Nurul Fikri implemented the stages of of communication strategy analysis on needs, design, development, implementation, and evaluation in the learning-teaching process. The enabling factors such as psychological factor and the people and inhibiting factors such as fatigue, school, and students at BKB Nurul Fikri, and learning disturbances such as noise and difficulty in understanding the lesson during the learning process. It is recommended that the teachers use the strategies of lecture, moderator, coordinator, and innovation as well as the six strategies and learning guidance.en_US
dc.description.abstractStrategi komunikasi merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses belajar mengajar. Pengajar harus memiliki kemampuan berkomunikasi agar dapat memaparkan materi dengan baik kepada peserta didik sehingga dapat mengarahkan peserta didik untuk dapat meningkatkan prestasi belajar. Maka itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan pengajar Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan dalam mengarahkan peserta didik kelas 12 SMA mendapatkan prestasi belajar, mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi pengajar dengan peserta didik kelas 12 SMA dalam meningkatkan prestasi belajar, dan implementasi bentuk-bentuk strategi komunikasi pengajar “Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan” dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 7 orang pengajar dan 5 orang informan triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukanBimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan telah menerapkan tahap-tahap strategi komunikasi seperti analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dalam proses belajar mengajar. Berbagai macam faktor pendukung seperti faktor psikologis dan masyarakat dan faktor penghambat seperti faktor kelelahan, faktor sekolah yang dialami oleh pengajar dan peserta didik Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan serta gangguan-gangguan belajar seperti keributan dan susahnya mengerti pelajaran yang terjadi selama proses belajar mengajar. Pengajar Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan juga melakukan implementasi bentuk strategi komunikasi seperti strategi ceramah, moderator, koordinator dan inovasi serta ke enam strategi bimbingan belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectProses Belajar Mengajaren_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectPeserta Didiken_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pengajar “Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan” Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didiken_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik177045020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record