Show simple item record

dc.contributor.advisorGinting, Paham
dc.contributor.advisorSilalahi, Amlys Syahputra
dc.contributor.authorDamanik, Addina
dc.date.accessioned2019-12-05T06:06:00Z
dc.date.available2019-12-05T06:06:00Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21691
dc.description190 Halamanen_US
dc.description.abstractKPP Pratama Medan Timur adalah salah satu unit kerja Kanwil DJP Sumatera Utara I yang target e-filing nya tidak tercapai, dimana pencapaian target e-filing Wajib Pajak Orang Pribadi pada tahun 2017 adalah sebesar 84,57%. Adapun faktor yang dapat menjadi penyebab tidak tercapainya target e-filing antara lain persepsi Wajib Pajak tentang manfaat dan kemudahan penggunaan sistem e-filing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-filing dan implikasinya terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Medan Timur yang telah melaporkan SPT Tahunan pada tahun 2018 melalui sistem e-filing dengan menggunakan Formulir 1770 sebanyak 4.775 orang. Sampel penelitian berjumlah 370 orang yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filing, persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filing, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, penggunaan e-filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak melalui penggunaan e-filing, dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak melalui penggunaan e-filing.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKepatuhan Wajib Pajaken_US
dc.subjecte-Filingen_US
dc.subjectPersepsi Manfaaten_US
dc.subjectPersepsi Kemudahanen_US
dc.titlePengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan E-Filing dan Implikasinya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timuren_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik177019034


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record