Show simple item record

dc.contributor.advisorSinar, T. Silvana
dc.contributor.advisorNurlela
dc.contributor.authorYuniasari, Ayu
dc.date.accessioned2019-12-05T06:09:58Z
dc.date.available2019-12-05T06:09:58Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21694
dc.description182 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini mengkaji tentang analisis multimodal Tari Saman Gayo Lues. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komponen multimodal dalam Tari Saman Gayo Lues dan mendeskripsikan hubungan inter-semiotik teks verbal dan teks visual dalam Tari Saman Gayo Lues. Peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan sumber data rekaman tari yang ditranskripkan ke dalam bentuk teks verbal dan teks visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Teks multimodal Tari Saman Gayo Lues terdiri atas komponen representasional, interaksional dan komposisional. Komponen representasional meliputi proses, partisipan, dan sirkumstan. Unsur proses verbal Komponen representasional untuk proses paling banyak ditemukan; partisipan I paling banyak ditemukan adalah partisipan gol dan penyampai (sayer), dan partisipan II adalah fenomenon dan perkatan; sirkumstan yang paling banyak ditemukan adalah lokasi dan penyerta. Pada komponen interaksional terdiri atas kontak, jarak dan sudut pandang. Komponen interaksional untuk kontak jenis image art lebih banyak berupa penawaran (offer); komponen kontak gaze yang paling banyak adalah tidak langsung (indirect); komponen aspek jarak sosial yang ditemukan pada teks visual Tari Saman Gayo Lues paling banyak tampilan personal. Dari komponen sudut pandang yang paling banyak ditemukan kekuatan pandangan. Dari aspek modalitas adalah modalitas tinggi, dari saturasi warna, keragaman warna, perubahan warna, kontekstualisasi, representasi, kedalaman, penerangan dan kecerahan. Komponen komposisional terdiri atas nilai informasi, tonjolan, dan bingkai. Komponen komposisional untuk nilai infomasi paling banyak ditemukan informasi di pusat (centred). Tonjolan yang paling banyak ditemukan adalah tulisan ‘Saman’ dan pakaian penari yang seragam. Untuk bingkai (framing) yang paling banyak ditemukan adalah unsur yang memberi tanda bahwa sesuatu itu merupakan bagian atau bukan bagian dari gambar. 2) Hubungan inter-semiotik teks verbal dan teks visual dalam merealisasikan makna dan pesan adalah pengulangan, perbandingan, penambahan, dan sebab-akibat. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa teks visual mampu menjelaskan teks verbal dan teks verbal dapat dijelaskan oleh teks visual.en_US
dc.description.abstractThis research discussed about multimodal analysis of the Saman Gayo Lues Dance. The purpose of this study was to describe the multimodal component in the Saman Gayo Lues Dance and describe the inter-semiotic relationship of verbal texts and visual texts in the Saman Gayo Lues Dance. The researcher used a qualitative-descriptive method with dance record data sources that were transcribed into verbal texts and visual texts. The results showed that, 1) Multimodal Text Saman Gayo Lues Dance consists of representational, interactional and compositional components. Representational components include processes, participants, and circumferences. The verbal process element The representational component for the process is most commonly found; participant I was found most often was participant of goals and deliverers (sayer), and participant II was a phenomenon and ceremony; The most common circumstances are locations and concomitants. The interactional component consists of contact, distance and point of view. Interactional components for image art contact types are mostly in the form of offers; the most gaze contact components are indirect (indirect); the component of social distance aspects found in the visual text of Saman Gayo Lues Dance is mostly personal. From the point of view component, the strength of the view is found the most. From the modality aspect is a high modality, from color saturation, color diversity, color change, contextualization, representation, depth, lighting and brightness. Compositional components consist of information values, protrusions, and frames. The compositional component for information values is found most centrally. The most prominent protuberances are the writing 'Saman' and uniform dancers. For frame (framing) which is most often found is an element that gives a sign that something is part or not part of the picture. 2) Intersemiotic relationships of verbal texts and visual texts in realizing meaning and messages are repetition, comparison, addition, and cause-effect. From the results of this study concluded that the visual text can explain verbal text and verbal text can be explained by visual text.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectTari Saman Gayo Luesen_US
dc.subjectTeks Verbalen_US
dc.subjectTeks Visualen_US
dc.subjectAnalisis Multimodalen_US
dc.subjectInter-Semiotiken_US
dc.titleAnalisis Multimodal Tari Saman Gayo Luesen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik137009020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record