• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Sekolah Pascasarjana
    • Tesis Magister (Manajemen Bisnis)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Sekolah Pascasarjana
    • Tesis Magister (Manajemen Bisnis)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Optimalisasi Pasar Tradisional PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias di Gunungsitoli

    Thumbnail
    View/Open
    Fulltext (3.340Mb)
    Date
    2016
    Author
    Mendrofa, Cardinal Pranatal
    Advisor(s)
    Fauzi, Amrin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejak Tahun 2010 hingga saat ini, tingkat hunian Pasar Ya’ahowu yang dikelola oleh PD Pasar Ya’ahowu masih sangat rendah. Pada bulan Mei 2015, tingkat hunian pasar Ya’ahowu untuk kios hanya 68,07 % dari ruang yang disediakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh strategi optimalisasi pasar tradisional PD Pasar Ya’ahowu dengan menganalisis pengaruh marketing mix jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses dan layanan pelanggan terhadap keputusan pengguna menggunakan jasa sewa PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. . Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh marketing mix jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses dan layanan pelanggan mempengaruhi keputusan pengguna menggunakan jasa sewa PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias dan ingin mengetahui dan menganalisis unsur marketing mix jasa yang paling dominan mempengaruhi keputusan pengguna menggunakan jasa sewa PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan metode survei untuk melihat pengaruh marketing mix jasa terhadap keputusan menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu di Kota Gunungsitoli yang dikelola oleh PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. Populasi penelitian ini adalah seluruh pedagang di Kota Gunungsitoli yang berjumlah 870 orang pada tahun 2013. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan adalah dengan teknik accidental, dengan analisis statistik yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regeresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, keputusan menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu sebesar 65,8 % dipengaruhi oleh ketujuh variabel marketing mix jasa, sedangkan sisanya sebesar 34,2 % dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel produk merupakan variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pengguna menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias, sedangkan variabel proses merupakan variabel dengan nilai koefisien yang paling rendah. Dari 7 (tujuh) variabel pada marketing mix jasa, terdapat 4 (empat) variabel yang tidak memberikan pengaruh secara parsial terhadap keputusan pengguna menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias yakni variabel harga, variabel promosi, variabel karyawan dan variabel layanan pelanggan.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21754
    Collections
    • Tesis Magister (Manajemen Bisnis) [212]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV