Show simple item record

dc.contributor.advisorFauzi, Amrin
dc.contributor.authorMendrofa, Cardinal Pranatal
dc.date.accessioned2019-12-06T08:07:59Z
dc.date.available2019-12-06T08:07:59Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21754
dc.description89 Halamanen_US
dc.description.abstractSejak Tahun 2010 hingga saat ini, tingkat hunian Pasar Ya’ahowu yang dikelola oleh PD Pasar Ya’ahowu masih sangat rendah. Pada bulan Mei 2015, tingkat hunian pasar Ya’ahowu untuk kios hanya 68,07 % dari ruang yang disediakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh strategi optimalisasi pasar tradisional PD Pasar Ya’ahowu dengan menganalisis pengaruh marketing mix jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses dan layanan pelanggan terhadap keputusan pengguna menggunakan jasa sewa PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. . Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh marketing mix jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses dan layanan pelanggan mempengaruhi keputusan pengguna menggunakan jasa sewa PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias dan ingin mengetahui dan menganalisis unsur marketing mix jasa yang paling dominan mempengaruhi keputusan pengguna menggunakan jasa sewa PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan metode survei untuk melihat pengaruh marketing mix jasa terhadap keputusan menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu di Kota Gunungsitoli yang dikelola oleh PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. Populasi penelitian ini adalah seluruh pedagang di Kota Gunungsitoli yang berjumlah 870 orang pada tahun 2013. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan adalah dengan teknik accidental, dengan analisis statistik yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regeresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, keputusan menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu sebesar 65,8 % dipengaruhi oleh ketujuh variabel marketing mix jasa, sedangkan sisanya sebesar 34,2 % dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel produk merupakan variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pengguna menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias, sedangkan variabel proses merupakan variabel dengan nilai koefisien yang paling rendah. Dari 7 (tujuh) variabel pada marketing mix jasa, terdapat 4 (empat) variabel yang tidak memberikan pengaruh secara parsial terhadap keputusan pengguna menggunakan jasa sewa Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias yakni variabel harga, variabel promosi, variabel karyawan dan variabel layanan pelanggan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectOptimalisasi Pasar Tradisionalen_US
dc.titleStrategi Optimalisasi Pasar Tradisional PD Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias di Gunungsitolien_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik137007009


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record