Show simple item record

dc.contributor.advisorSitompul, Darwin
dc.contributor.advisorNazaruddin
dc.contributor.authorMan, Wei
dc.date.accessioned2019-12-06T09:09:40Z
dc.date.available2019-12-06T09:09:40Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21760
dc.description110 Halamanen_US
dc.description.abstractUntuk meningkatkan penjualan produk agar semakin meningkat, maka diperlukan adanya strategi distribusi yang terus dikembangkan. Pendistribusian pada perusahaan perlu dikembangkan melalui berbagai cara.Cara yang sering digunakan setiap perusahaan untuk mendistribusikan produknya yaitu melalui perantara atau penyalur antara lain menggunakan agen penjualan, pedagang besar, subdistributor, pengecer dan lain- lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis tentang strategi distribusi yang dipakai oleh PT Everbright Medan dan untuk mengetahui analisis tentang strategi distribusi yang baik yang dapat diterapkan oleh PT Everbright Medan. Metode analisis data ini menggunakan metode shortest path problem menggunakan algoritma heuristik dibandingkan dengan rute distribusi yang selama ini digunakan perusahaan. Analisis perbandingan dapat ditinjau dari faktor jarak tempuh, waktu yang digunakan, dan jumlah kendaraan angkut yang digunakan dalam pendistribusian consumer goods. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jarak tempuh mobil yang digunakan untuk melakukan pendistribusian menggunakan sub rute yang direncanakan / diusulkan lebih singkat sejauh 40,42 atau sama dengan 40 km (dalam satu minggu) dibandingkan dengan rute pendistribusian yang ada di PT Everbright Medan. Sub rute yang direncanakan/usulan akan menghemat waktu tempuh selama 767.45 atau sama dengan 767 menit (dalam satu minggu) bagi mobil dari pada rute pendistribusian yang ada dikarenakan pengaruh langsung dari jarak tempuh alat angkut yang diperoleh melalui penerapan rute yang direncanakan lebih singkat. Perubahan jarak tempuh dan waktu tempuh menjadi lebih singkat menghasilkan penghematan biaya transportasi sebesar Rp. 30.900 (per minggu) dibandingkan rute pendistribusian yang ada. Dengan penerapan rute pendistribusian yang direncanakan/usulan PT Everbright Medan dapat meningkatkan kualitas pelayanan penyediaan produk perusahaan kepada masyarakat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.subjectDistribusien_US
dc.subjectTransportasien_US
dc.subjectManajemen operasionalen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Distribusi Produk Consumer Goods PT. Everbright Medanen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
dc.identifier.nimnipnik117007020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record