Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

View/ Open
Date
2019Author
Harahap, Imam Alrasyid
Advisor(s)
Yahya, Idhar
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
The objective of the research was to test the influence of decision to invest,
decision to finance, dividend policy, profitability, and liquidity on firm value with
firm size as moderating variable. The population was manufacture companies in
consumption goods industry sector listed in BEI in the period of 2013-2017, and
33 of them were used as the samples, taken by using saturated or census sampling
technique. The data were analyzed by using panel data regression analysis at the
significance level of 5%, using common effect model (CEM). Hypothesis was
tested by using t-test, F-test, and residual test. The result of the research showed
that, simultaneously, decision to invest, decision to finance, dividend policy,
profitability, and liquidity had the influence on firm value. Partially, the variables
of decision to invest, decision to finance, dividend policy, and profitability had
positive and significant influence on firm value while liquidity did not have any
significant influence on firm value. The second hypothetical test showed that firm
size could moderate the correlation of decision to invest, decision to finance,
dividend policy, profitability, and liquidity with firm value. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keputusan investasi,
keputusan pendanaan, kebijakan dividen, profitabilitas dan likuiditas terhadap
nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Populasi
dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi
yang terdaftar di bursa efek Indonesia Periode 2013 sampai dengan 2017. Metode
pemilihan sample menggunakan Sampel jenuh atau sensus. Sampel yang
digunakan sebanyak 33 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode regresi data panel dengan tingkat signifikansi 5% menggunakan
common effect model (CEM). Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji f, dan uji
residual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keputusan
investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, profitabilitas dan likuiditas
berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel keputusan
investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, dan profitablitas berpengaruh
positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel likuiditas
tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaaan. Pengujian hipotesis
kedua menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi
hubungan antara keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen,
profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Collections
- Tesis Magister [357]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016
Andini, Ayu (2018)This study aims to determine the effect of capital structure, corporate growth, firm size and profitability to the value of the company on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2012-2016. The ... -
Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013- 2015
Aulina, Nadya (Universitas Sumatera Utara, 2018)This study aims to examine the effect of profitability, firm growth, and firm size to firm value in banking companies listed in Indonesia Stock Exchange. Profitability is indicated by Return On Asset (ROA), the firm ... -
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Pendanaan, Risk Based Capital (RBC), Pertumbuhan Premi Netto dan Laba Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Sitompul, Saleh (Universitas Sumatera Utara, 2018)The objective of this research was to examine and analyze the influence of firm size, budgeting policy, risk-based capital, net premium growth, and firm profit on the firm value of insurance companies listed on the Indonesia ...