Pengaruh Bauran Promosi (Promotional Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi pada PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Medan

View/ Open
Date
2016Author
Pasaribu, Try Boy
Advisor(s)
Sembiring, Bebby Karina Fawzeea
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of promotion mix consists of advertising, public relations, personal selling, sales promotion, direct marketing toward purchase decisions on the PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Medan. The sample in this study consisting 100 customers of PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Medan using purposive sampling method. Descriptive and statistical analysis were used as data analysis technique. Data collecting are proceded through interviews, questionnaire, and documentation study.
Results showed that the marketing mix simultaneously significantly influence the buying decisions. Partial test shows that the personal selling and sales promotion have the positive and significant effect toward buying decisions. However advertising, public relations and direct marketing have a positive but not significant effect toward buying decisions. Sales promotion is the most dominant variable in this study.
The value of Adjusted R Square obtained from the testof Determinant coefficient (R2) on the buying decision results 0,427 (42.7%) buying decisions explained by the promotional mix. While the remaining 53.7% is explained by other variables which are not examined in this study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang terdiri dari periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian pada PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 100 nasabah PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik dan metode pengumpulan data melalui wawancara, daftar pertanyan, dan studi dokumentasi.
Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji parsial menunjukkan bahwa penjualan pribadi dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun variabel periklanan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi penjualan merupakan variabel paling dominan dalam penelitian ini.
Nilai Adjusted R Square yang didapat dari hasil pengujian Koefisien Determinan (R2) terhadap keputusan pembelian sebesar 0,427 menjelaskan bahwa 42,7% keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel bauran promosi. Sedangkan sisanya 53,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Skripsi Sarjana [860]