Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan Pada SKPD di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

View/ Open
Date
2016Author
Taringan, Dewi Maya
Advisor(s)
Erlina
Bahri, Syamsul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, sistem pengendalian internal dan penerapan standard akuntansi pemerintahan terhadap kemampuan penyususnan laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Metode penelitian menggunakan metode sensus, Populasi dalam penelitian ini adalah PPK-SKPD dan operator penginput data pada aplikasi SIMDA di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 52 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Data diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, sistem pengendalian internal, penerapan standar akuntansi pemerintahan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara sedangkan secara parsial variabel kualitas sumber daya manusia dan penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kemampuan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara. Penerapan teknologi informasi dan sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara. Kemampuan prediksi dari ke empat variabel tersebut terhadap kemampuan penyusunan laporan keuangan adalah sebesar 70,2%, sedangkan sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini. Sanksi yang merupakan variabel moderating mampu memoderasi hubungan antara kualitas sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, sistem pengendalian internal, penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kemampuan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara. The objective of the research was to analyze the influence of the quality of human resources, application of information technology, internal control system, and the application of governmental accounting standard on the ability to organize the financial statement of North Sumatera Provincial Government. The research used causal research and census methods. The population was 52 Regional Work Units that consisted of the PPK-SKPD and operators who enter the data on SIMDA applications. The data were processed by using multiple regression analysis. The results of the research showed that the quality of human resources, application of information technology, internal control system, and the implementation of government accounting standard simultaneously had positive and significant influence on the ability to organize the financial statement of North Sumatera Provincial Government. Partially, the variables of the quality of human resources and the implementation of government accounting standard had positive and insignificant influence on the ability to organize financial statement of North Sumatera Provincial Government. The variables of the application of information technology and internal control system had positive and significant influence on the ability to organize financial statement North Sumatera Provincial Government. The predictive ability of the four variables on the ability to organize financial statement was 70.2%, while the remaining 29.8% was influenced by other factors excluded in this research model. Sanction as moderating variable could moderate the correlation of the quality of human resources, application of information technology, internal control system, the implementation of government accounting standard on the ability to organize financial statement of North Sumatera Provincial Government.
Collections
- Tesis Magister [357]