Show simple item record

dc.contributor.advisorRamadhani, Emilia
dc.contributor.authorSiburian, Ira Maya
dc.date.accessioned2018-10-05T02:52:16Z
dc.date.available2018-10-05T02:52:16Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.otherZulhelmi
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7021
dc.description140904056en_US
dc.description.abstractThe title of this thesis “The communication interpersonal of guidance and counseling teacher in the understanding student’s problems of SMP Negeri 2 Sunggal”. The purpose of this research are to know the problems experienced of students in SMP Negeri 2 Sunggal, to know the intensity of interpersonal communication that occurs between of guidance and counseling teacher and students in SMP Negeri 2 Sunggal, and to know the communication interpersonal of guidance and counseling teacher in the understanding student’s problems of SMP Negeri 2 Sunggal. The relevan theories used in this research are communication interpersonal, self disclosure, communication psychology, guidance and counseling, and problem solving. This research is qualitative research. Determination of informants in this research is used purposive sampling. Data collection technique in this research are in-depth interviews, observation, and documentation. The method of this research is descriptive method. Data analysis technique used in this research are data reduction, data presentation, and draw conclusions. The result of this research are problems students have experienced are conflicts with classmates, breaking discipline, gambling, money theft, excessive courtship, and students running away from home, and the intensity of interpersonal communication between BK teachers and students in SMP Negeri 2 Sunggal is also good, and other communication interpersonal of guidance and counseling teacher in understanding student’s problems very effective. The process of communication interpersonal that occurs between guidance and counseling teacher and students, in accordance with the characteristics of the effectiveness of communication interpersonal that is openness, empathy, support, a positive sense, and equality between guidance and counseling teacher and students.en_US
dc.description.abstractSkripsi ini berjudul “Komunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Memahami Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Sunggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dialami siswa di SMP Negeri 2 Sunggal, untuk mengetahui intensitas komunikasi antarpribadi yang terjadi antara guru bimbingan dan konseling (BK) dan siswa di SMP Negeri 2 Sunggal, dan untuk mengetahui efektivitas komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru bimbingan dan konseling (BK) dalam memahami permasalahan siswa di SMP Negeri 2 Sunggal. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Antarpribadi, Keterbukaan Diri (Self Disclosure), Psikologi Komunikasi, Bimbingan dan Konseling, dan problem solving. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling, informan merupakan guru bimbingan dan konseling (BK) di SMP Negeri 2 Sunggal dan siswa SMP Negeri Sunggal yang pernah dibimbing oleh guru BK dalam menangani permasalahannya, dengan pertimbangan pernah mengalami pengarahan dan bimbingan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) dalam menangani permasalahan yang dihadapi, hingga sampai menemukan data jenuh.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu masalah-masalah yang pernah dialami siswa adalah konflik dengan teman sekelas, melanggar disiplin, bermain judi, pencurian uang, pacaran yang berlebihan, dan siswa yang melarikan diri dari rumah, selain itu intensistas komunikasi antarpribadi guru BK dan siswa di SMP Negeri 2 Sunggal juga sudah baik, dan komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru BK dalam memahami permasalahan siswa sangat efektif, dimana proses komunikasi antarpribadi yang terjadi antara guru BK dan siswa sesuai dengan ciri-ciri efektivitas komunikasi antarpribadi yaitu terdapat keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan atau kesamaaan antara guru BK dan siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUnivesitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectCommunication Interpersonalen_US
dc.subjectGuidance and Counselingen_US
dc.subjectUnderstand Student’s Problemsen_US
dc.titleKomunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) Dalam Memahami Permasalahan Siswa di SMP Negeri 2 Sunggalen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record