Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, Haris
dc.contributor.authorHaloho, Sicilia
dc.date.accessioned2018-10-05T03:09:57Z
dc.date.available2018-10-05T03:09:57Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.otherZulhelmi
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7022
dc.description140904178en_US
dc.description.abstractThis research is titled “Representation of Meikarta Image in Television Advertisement (Analyzing Semiotics of Meikarta Advertisement “I want to Move to Meikarta”)”. The purpose of this research is to understand the representation of Meikarta image and to know the meaning inside Meikarta ads “I want to Move to Meikarta” according to signs that appear on the ads. The ad that is the subject of this research is Meikarta ads “I want to Move to Meikarta” with the duration of 60 seconds. In this research, the researcher uses some relevant Theory such as: Communication, Mass communication, Advertisement, Television Advertisement, Representation, Semiotics, Roland Barthes Semiology, Advertisement Semiotics. This Research uses the Roland Barthes Semiology with two order of signification; denotation, connotation, and myth. The Research shows that Meikarta ads uses characterization of a young child with an innocent face and in the storyline the child looks at the environment around her and decided that she cannot keep living in that city. The 60 seconds ads is displayed in a realistic and creative way. The ads that compare the living environment between X city and Meikarta city were able to draw audiences attention because the visualization show how it feels like to live in a big city in Indonesia, this helps to effect the way of thinking and emotion of the audiences.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Representasi Citra Meikarta dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Iklan Meikarta “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi citra Meikarta serta untuk mengetahui makna yang ada pada iklan Meikarta “Aku Ingin Pindah ke Meikarta” berdasarkan tanda-tanda yang muncul pada iklan. Iklan yang menjadi subjek penelitian pada penelitian ini adalah iklan Meikarta “Aku Ingin Pindah ke Meikarta” yang berdurasi 60 detik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu: Komunikasi, Komunikasi Massa, Iklan, Iklan Televisi, Representasi, Semiotika, Semiotika Roland Barthes, Semiotika Iklan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dengan perangkat analisis semiologi Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap (two order of signification); denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini menemukan bahwa iklan Meikarta menggunakan penokohan seorang anak perempuan berwajah polos dan pada jalan ceritanya anak tersebut mengamati lingkungan sekitarnya yang pada akhirnya membuat dirinya tidak betah untuk tetap tinggal di kota tersebut. Iklan yang berdurasi sekitar 60 detik ini ditampilkan dalam bentuk yang realistis dan kreatif. Iklan yang membandingkan keadaan lingkungan di Kota X dan di Kota Meikarta ini mampu menarik perhatian khalayak karena visualisasinya menampilkan gambaran kehidupan yang dijalani di kota-kota besar di Indonesia dengan tujuan memengaruhi emosi dan pikiran khalayak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUnivesitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectRepresentationen_US
dc.subjectRoland Barthes Semioticsen_US
dc.subjectAdvertisementen_US
dc.subjectMeikartaen_US
dc.titleRepresentasi Citra Meikarta dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Iklan Meikarta “Aku Ingin Pindah ke Meikarta”)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record