Show simple item record

dc.contributor.advisorZuska, Fikarwin
dc.contributor.authorSidabalok, Lastio Pebrina
dc.date.accessioned2018-12-28T09:15:01Z
dc.date.available2018-12-28T09:15:01Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10133
dc.description.abstractSkripsi ini bertujuan untuk melihat bagaimana kebersihan pasar yang segmennya mahasiswa namun pengelolaannya di luar sistem Dinas Kebersihan. Penelitian ini dilakukan di Pajak USU atau sering disebut Pajus yang berada di Kota Medan, Kecamatan Medan Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan pendekatan etnografi, dengan teknik pengambilan data observasi dan wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara (interview guide). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pajus dikelola oleh beberapa orang dan memiliki nama yang berbeda-beda, yaitu Pajus Telkomsel, Pajus Star dan Karona. Sistem pengelolaan kebersihan tiap Pajus pun berbeda-beda, sehingga pengelolaan kebersihan yang ada di Pajus belum sepenuhnya bisa ditangani dengan baik oleh pengelola Pajus. Padahal pengelola Pajus Telkomsel sudah menerapkan aturan penyapuan pada titik-titik tertentu sejam sekali dan meletakkan tempat sampah di tempat yang memang sering disinggahi oleh pengunjung. Namun tempat yang disapu sekali sejam itu tidak bisa bertahan lama, dalam beberapa menit pasti aja saja lagi pengunjung yang nyampah sembarang di situ. Situasi ini diakibatkan karena masih minimnya kesadaran dari para pedagang maupun pengunjung dalam membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPengelolaanen_US
dc.subjectKebersihanen_US
dc.subjectPajusen_US
dc.titlePengelolaan Kebersihan (Studi Kasus Pajak USU)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM140905031en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record