dc.description.abstract | Indihome merupakan produk dari PT. Telkom Indonesia yang menggunakan
teknologi FTTH (Fiber To The Home), dimana mampu menghasilkan kecepatan akses data
hingga 100 mbps dan menawarkan berbagai fitur TVoD. Namun sayangnya, jumlah
pelanggan eksisting dengan layanan telepon saja (1P) atau pelanggan dengan layanan
telepon & internet (2P) masih banyak yang belum migrasi ke indihome (3P). Parameter
jumlah LIS (Line in Service) pelanggan dan sales indihome pada akhir tahun 2015
menunjukkan gejala bahwa pelanggan eksisting enggan memigrasi layanannya ke
Indihome. Salah satu faktor yang mempengaruhi retensi pelanggan adalah ekuitas merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh ekuitas merek terhadap
retensi pelanggan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom Witel Medan dengan
metode sampling menggunakan convenience sampling (ukuran sampel: 400). Pengujian
hipotesis menggunakan analisi regresi logistik dengan alat bantu perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi besarnya pengaruh dari
keseluruhan variabel bebas, yakni: diferensiasi, relevansi, penghargaan, dan pengetahuan,
secara bersama-sama terhadap perilaku migrasi (retensi pelanggan) ke Indihome adalah
60,3%. Sisa kontribusi ditentukan oleh faktor lain selain prediktor yang disebutkan dalam
penelitian ini. Penelitian ini kemudian menunjukkan bahwa baik variabel relevansi,
diferensiasi, pengetahuan, maupun penghargaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap
migrasi layanan, dengan variabel relevansi sebagai faktor yang paling berpengaruh
terhadap retensi pelanggan.
Sehubungan dengan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, maka diharapkan
adanya penelitian lanjutan untuk meneliti indikator lainnya (39,7%) yang mempengaruhi pelanggan eksisting bersedia migrasi ke Indihome. Berdasarkan dari hasil penelitian ini
pula, manajemen perusahaan perlu merumuskan kebijakan strategis terkait variabel
relevansi, diferensiasi, pengetahuan, dan penghargaan untuk meningkatkan jumlah
pelanggan eksisting yang bersedia migrasi ke Indihome. | en_US |