dc.description.abstract | Skripsi ini berjudul, Analisis Fungsi dan Repertoar Musik dalam
Konteks Ritual Gondang Sapotang pada Ugamo Malim Najumanghon Uras di
Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintupohan Meranti Kabupaten Toba
Samosir. Penelitian ini menjabarkan ritual gondang sapotang, fungsi gondang
serta makna yang terkandung di dalamnya. Dalam penelitian ini penulis mencoba
untuk menguraikan secara sistematis berdasarkan pendekatan kualitatif dengan
teknik penelitian lapangan melalui proses kerja studi kepustakaan, observasi,
perekaman dokumentasi ritual, wawancara, serta transkripsi dan analisis
laboratorium. Menekankan pada aspek struktur upacara ritual, konteks, serta
fungsi dari gondang sabangunan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
sudut pandang atropologi, etnomusikologi, dan musikologi dengan menggunakan
teori Koentjaraningrat (1984: 243) dalam menjabarkan struktur upacara ritual.
Untuk menjelaskan fungsi dari gondang sabangunan penulis menggunakan teori
yang ditawarkan oleh Alan P. Merriam (1964: 223-226). Untuk menjelaskan
struktur musik penulis menekankan pada aspek tempo, meter, serta pola ritem
yang terkandung dalam permainan taganing. Gondang sapotang merupakan suatu
ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat Parmalim Batak Toba, pelaksanaannya
dilatarbalakangi atas dasar kepercayaan religi tradisional yang terkandung di
dalamnya nilai, sendi-sendi adat, serta falsafah kehidupan tradisional masyarakat
Batak Toba. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam pelaksanaan ritual
Gondang sapotang ensambel gondang sabangunan memiliki peran vital terlihat
dari setiap tahapan ritual gondang sabangunan memainkan beragam komposisi
dan repertoar gondang untuk mengintegrasikan masyarakat, berkomunikasi
dengan dimensi spiritual, dan menuntun pelaksanaan ritual. | en_US |