dc.contributor.advisor | Ginting, Budiman | |
dc.contributor.advisor | Siahaan, Rudy Haposan | |
dc.contributor.advisor | Ablisar, Madiasa | |
dc.contributor.author | Mustika, Velika | |
dc.date.accessioned | 2019-01-10T04:33:55Z | |
dc.date.available | 2019-01-10T04:33:55Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10429 | |
dc.description.abstract | Pembuatan akta autentik tidak menutup kemungkinan bahwa ada pihakpihak
yang mempunyai itikad tidak baik, seperti menggunakan identitas palsu,
menggunakan dokumen atau surat palsu. Hal ini dapat mengakibatkan terlibatnya
Notaris ke dalam masalah hukum. Padahal Notaris hanya membantu menuangkan
kehendak para pihak ke dalam suatu akta autentik. Untuk memperkuat proteksi
diri bagi Notaris, dalam prakteknya ada Notaris yang mencantumkan klausula
proteksi diri ke dalam akta Notaris. Klausula proteksi diri merupakan suatu
klausula yang menyatakan bahwa apabila di kemudian hari terdapat keterangan
yang tidak sesuai dengan yang tercantum dalam akta, terjadi sengketa atau ada
hal-hal/keterangan-keterangan yang suatu hari terbukti tidak benar dari para
penghadap sendiri, maka hal itu tidak akan melibatkan Notaris.
Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode penelitian
yuridis normatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan
pustaka atau data sekunder peraturan perundang-undangan dan teori hukum.
Sehingga dapat mengkaji kaitan antara kewenangan Notaris dengan pencantuman
klausula proteksi diri dalam akta yang dibuat oleh Notaris.
Penelitian menunjukkan bahwa kewenangan Notaris dalam UUJN
mengenai pencantuman klausula proteksi diri Notaris tersebut menimbulkan
kerancuan mengenai pencantumannya sebab tidak ada aturan kewenangan yang
mengatur mengenai klausula proteksi diri dan merujuk kepada ketentuan pasal 38
ayat (3) huruf c UUJN, pencantuman klausula proteksi diri tersebut boleh
dicantumkan apabila merupakan keinginan dari para penghadap yang
bersangkutan sebab akta yang dibuat bagi penghadap merupakan keinginan para
penghadap, bukanlah keinginan Notaris. Notaris bukanlah pihak dalam akta yang
para penghadap buat di hadapan Notaris sehingga Notaris tidak boleh
mencantumkan klausula apapun secara sepihak tanpa terkecuali klausula proteksi
diri yang dimaksud. Pencantuman klausula proteksi diri tersebut tidak
memberikan manfaat perlindungan bagi Notaris yang mencantumkannya dalam
akta yang dibuatnya. Disarankan hendaknya seperti halnya mengenai lampiran
sidik jari, lebih baik apabila klausula proteksi diri dijadikan lampiran yang disebut
dengan lampiran proteksi diri yang berupa surat pernyataan dan dilekatkan pada
akta serta dibuatkan peraturan yang mengatur mengenai lampiran proteksi diri
tersebut. | en_US |
dc.description.abstract | Making authentic deeds does not rule out the possibility that there are
parties who have bad faith, such as using a fake identity, using fake documents or
letters. This can result in the involvement of the Notary in legal matters. Though
Notaries only help pour the parties' will into an authentic deed. To strengthen
self-protection for Notaries, in practice there is a Notary Public who lists the selfprotection
clause into the Notary deed. A self-protection clause is a clause stating
that if there is a statement that is not in accordance with what is stated in the
deed, there is a dispute or there are things/statements which have been proven to
be incorrect from the complainants themselves, then that will not involve a
Notary.
This type of research used in this thesis is a normative juridical research
method which is a research conducted by examining library material or
secondary data of legislation and legal theory. So that it can examine the
relationship between the authority of the Notary with the inclusion of a selfprotection
clause in the deed made by the Notary.
Research shows that the authority of the Notary in the UUJN regarding
the inclusion of the Notary's self-protection clause creates confusion about the
inclusion because there is no rule of authority that regulates the self-protection
clause and refers to the provisions of article 38 paragraph (3) letter c UUJN, the
inclusion of the self-protection clause may be included if it is the wish of the
intended parties because the deed made for the parties is the wish of the parties,
not the desire of the Notary. The Notary is not a party to the deed that the
principals make before the Notary so that the Notary may not include any clause
unilaterally without the exception of the self-protection clause in question. The
inclusion of the self-protection clause does not provide the benefit of protection
for the Notary who lists it in the deed he made. It is recommended that as well as
the fingerprint attachment, it is better if the self-protection clause is made as an
attachment called the attachment of self-protection in the form of a statement and
attached to the deed and initiate to make a regulation which regulates the
attachment of self-protection. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Klausula | en_US |
dc.subject | Proteksi Diri | en_US |
dc.subject | Notaris | en_US |
dc.subject | Akta Notaris | en_US |
dc.title | Analisis Yuridis Pencantuman Klausula Proteksi Diri dalam Akta Notaris | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM167011057 | en_US |
dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |