• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Sosial Ekonomi Pedagang Makanan dan Minuman Konvensional dengan Pedagang yang Menggunakan Aplikasi Media Sosial

    View/Open
    fulltext (1.121Mb)
    Date
    2018
    Author
    Handayani, Rini
    Advisor(s)
    Siagian, Matias
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pedagang Kaki lima merupakan salah satu usaha dalam perdagangan atau salah satu wujud sektor informal. Pedagang kaki lima orang yang dengan modal yang relatif sedikit berusaha di bidang produksi dan penjualan barang-barang (jasa-jasa) untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu di dalam masyarakat, usaha tersebut dilaksanakan pada tempat-tempat yang dianggap strategis dalam suasana lingkungan informal. Dalam bidang perdagangan, atau bisa juga disebut PKL dapat dikategorikan yaitu popular atau community sector. Kegiatan usaha Pedagang Kaki Lima merupakan bidang usaha informal, dapat dikatakan tidak resmi atau ilegal dan kegiatan usaha yang sederhana. Sosial ekonomi adalah segala sesuatu hal yang berhubungan dengan tindakan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti: pendapatan, pekerjaan, pendidikan, status kepemilikan tanggungan, jenis tempat tinggal, menu makanan sehari-hari, status dalam masyarakat, dan partisipasi dalam masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses perbandingan sosial ekonomi pedagang makanan dan minuman konvensional dengan pedagang yang menggunakan aplikasi media sosial di kawasan dr. mansyur.Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perbandingan sosial ekonomi pedagang Teknik pengumpulan data dengan studi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Peneliti juga membandingkan bahwa penjualan yang dilakukan secara konvensional lebih banyak dari pada penjualan yang menggunakan aplikasi online ini dikarenakan harga penjualan makanan dan minuman yang lebih sedikit mahal karena ongkos pengirimannya.Tetapi penggunaan aplikasi online ini juga terbilang membantu daplam hal mempromosikan penjualan makanan dan minuman ke khalayak umum.Perbandingan dilakukan guna memberikan perspektif tentang kelebihan, kekurangan maupun hal-hal yang berhubungan mengenai pemasaran yang dilakukan baik oleh pedagang maupun pembeli.
     
    Street vendors are one of the businesses in commerce or one of the forms of the informant sector street vendors who have relatively little capital in the field of production and sale of goods (services) to meet the needs of certain groups in the business community are carried out inplaces considered strategic in an informal environment. In the field of trade or it can also becalled pkl, it can becategorized as popular or community sector business activities of street vendors are informal business fields can be said to be informal or activites socioeconomics is anything that is action in meeting community needs such as income, employment, education, ownership status, savings type of residence, darly food menu, status in society and participation.The purpose of this study was to describe how the process of social economic comparison of conventional food and beverage traders with traders who use social media applications in the area of dr. mansyur.The research method is qualitative descriptive, to get a clear picture of the comparison of social economic traders. Data collection techniques with study, observation , interviews and documentation based on the results of the data and usis concluded that the researcher also compared that the conventionally made sales mare than the sale usma the online application is also some what helpful in. helps in promoting food and beverage sales to the general public. Comarisons are made to provide perspectives on advantages.

    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10553
    Collections
    • Undergraduate Theses [1072]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV