dc.contributor.advisor | Siagian, Matias | |
dc.contributor.author | Handayani, Rini | |
dc.date.accessioned | 2019-01-16T03:11:23Z | |
dc.date.available | 2019-01-16T03:11:23Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10553 | |
dc.description.abstract | Pedagang Kaki lima merupakan salah satu usaha dalam perdagangan atau
salah satu wujud sektor informal. Pedagang kaki lima orang yang dengan modal
yang relatif sedikit berusaha di bidang produksi dan penjualan barang-barang
(jasa-jasa) untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu di dalam masyarakat,
usaha tersebut dilaksanakan pada tempat-tempat yang dianggap strategis dalam
suasana lingkungan informal. Dalam bidang perdagangan, atau bisa juga disebut
PKL dapat dikategorikan yaitu popular atau community sector. Kegiatan usaha
Pedagang Kaki Lima merupakan bidang usaha informal, dapat dikatakan tidak
resmi atau ilegal dan kegiatan usaha yang sederhana. Sosial ekonomi adalah
segala sesuatu hal yang berhubungan dengan tindakan ekonomi dalam pemenuhan
kebutuhan masyarakat seperti: pendapatan, pekerjaan, pendidikan, status
kepemilikan tanggungan, jenis tempat tinggal, menu makanan sehari-hari, status
dalam masyarakat, dan partisipasi dalam masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan bagaimana proses perbandingan sosial ekonomi pedagang
makanan dan minuman konvensional dengan pedagang yang menggunakan
aplikasi media sosial di kawasan dr. mansyur.Metode penelitian yaitu kualitatif
deskriptif untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perbandingan sosial
ekonomi pedagang Teknik pengumpulan data dengan studi, observasi, wawancara
dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Peneliti juga
membandingkan bahwa penjualan yang dilakukan secara konvensional lebih
banyak dari pada penjualan yang menggunakan aplikasi online ini dikarenakan
harga penjualan makanan dan minuman yang lebih sedikit mahal karena ongkos
pengirimannya.Tetapi penggunaan aplikasi online ini juga terbilang membantu
daplam hal mempromosikan penjualan makanan dan minuman ke khalayak
umum.Perbandingan dilakukan guna memberikan perspektif tentang kelebihan,
kekurangan maupun hal-hal yang berhubungan mengenai pemasaran yang
dilakukan baik oleh pedagang maupun pembeli. | en_US |
dc.description.abstract | Street vendors are one of the businesses in commerce or one of the forms
of the informant sector street vendors who have relatively little capital in the field
of production and sale of goods (services) to meet the needs of certain groups in
the business community are carried out inplaces considered strategic in an
informal environment. In the field of trade or it can also becalled pkl, it can
becategorized as popular or community sector business activities of street
vendors are informal business fields can be said to be informal or activites socioeconomics
is anything that is action in meeting community needs such as income,
employment, education, ownership status, savings type of residence, darly food
menu, status in society and participation.The purpose of this study was to describe
how the process of social economic comparison of conventional food and
beverage traders with traders who use social media applications in the area of dr.
mansyur.The research method is qualitative descriptive, to get a clear picture of
the comparison of social economic traders. Data collection techniques with study,
observation , interviews and documentation based on the results of the data and
usis concluded that the researcher also compared that the conventionally made
sales mare than the sale usma the online application is also some what helpful in.
helps in promoting food and beverage sales to the general public. Comarisons are
made to provide perspectives on advantages. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Perbandingan | en_US |
dc.subject | Sosial Ekonomi | en_US |
dc.subject | Pedagang | en_US |
dc.subject | Konvensional | en_US |
dc.subject | Online | en_US |
dc.title | Perbandingan Sosial Ekonomi Pedagang Makanan dan Minuman Konvensional dengan Pedagang yang Menggunakan Aplikasi Media Sosial | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM140902065 | en_US |
dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |