Show simple item record

dc.contributor.advisorSiagian, Matias
dc.contributor.authorHandayani, Rini
dc.date.accessioned2019-01-16T03:11:23Z
dc.date.available2019-01-16T03:11:23Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10553
dc.description.abstractPedagang Kaki lima merupakan salah satu usaha dalam perdagangan atau salah satu wujud sektor informal. Pedagang kaki lima orang yang dengan modal yang relatif sedikit berusaha di bidang produksi dan penjualan barang-barang (jasa-jasa) untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu di dalam masyarakat, usaha tersebut dilaksanakan pada tempat-tempat yang dianggap strategis dalam suasana lingkungan informal. Dalam bidang perdagangan, atau bisa juga disebut PKL dapat dikategorikan yaitu popular atau community sector. Kegiatan usaha Pedagang Kaki Lima merupakan bidang usaha informal, dapat dikatakan tidak resmi atau ilegal dan kegiatan usaha yang sederhana. Sosial ekonomi adalah segala sesuatu hal yang berhubungan dengan tindakan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti: pendapatan, pekerjaan, pendidikan, status kepemilikan tanggungan, jenis tempat tinggal, menu makanan sehari-hari, status dalam masyarakat, dan partisipasi dalam masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses perbandingan sosial ekonomi pedagang makanan dan minuman konvensional dengan pedagang yang menggunakan aplikasi media sosial di kawasan dr. mansyur.Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perbandingan sosial ekonomi pedagang Teknik pengumpulan data dengan studi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Peneliti juga membandingkan bahwa penjualan yang dilakukan secara konvensional lebih banyak dari pada penjualan yang menggunakan aplikasi online ini dikarenakan harga penjualan makanan dan minuman yang lebih sedikit mahal karena ongkos pengirimannya.Tetapi penggunaan aplikasi online ini juga terbilang membantu daplam hal mempromosikan penjualan makanan dan minuman ke khalayak umum.Perbandingan dilakukan guna memberikan perspektif tentang kelebihan, kekurangan maupun hal-hal yang berhubungan mengenai pemasaran yang dilakukan baik oleh pedagang maupun pembeli.en_US
dc.description.abstractStreet vendors are one of the businesses in commerce or one of the forms of the informant sector street vendors who have relatively little capital in the field of production and sale of goods (services) to meet the needs of certain groups in the business community are carried out inplaces considered strategic in an informal environment. In the field of trade or it can also becalled pkl, it can becategorized as popular or community sector business activities of street vendors are informal business fields can be said to be informal or activites socioeconomics is anything that is action in meeting community needs such as income, employment, education, ownership status, savings type of residence, darly food menu, status in society and participation.The purpose of this study was to describe how the process of social economic comparison of conventional food and beverage traders with traders who use social media applications in the area of dr. mansyur.The research method is qualitative descriptive, to get a clear picture of the comparison of social economic traders. Data collection techniques with study, observation , interviews and documentation based on the results of the data and usis concluded that the researcher also compared that the conventionally made sales mare than the sale usma the online application is also some what helpful in. helps in promoting food and beverage sales to the general public. Comarisons are made to provide perspectives on advantages.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPerbandinganen_US
dc.subjectSosial Ekonomien_US
dc.subjectPedagangen_US
dc.subjectKonvensionalen_US
dc.subjectOnlineen_US
dc.titlePerbandingan Sosial Ekonomi Pedagang Makanan dan Minuman Konvensional dengan Pedagang yang Menggunakan Aplikasi Media Sosialen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM140902065en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record