• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E-recruitment, Reputasi Perusahaan, dan Kompensasi terhadap Minat Melamar Kerja di PT Unilever pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

    The Influence of E-Recruitment, Company Reputation, and Compensation on the Intention to Apply for a Job at PT Unilever on Students of the Faculty of Economics and Business University of North Sumatera

    Thumbnail
    View/Open
    Cover (1.475Mb)
    Fulltext (2.962Mb)
    Date
    2025
    Author
    Alifah, Mutiara
    Advisor(s)
    Absah, Yeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada era perkembangan digital saat ini, proses rekrutmen mengalami perubahan signifikan melalui penggunaan sistem e-recruitment yang memudahkan pencari kerja dalam mengakses informasi lowongan. Di sisi lain, mahasiswa sebagai bagian dari generasi Z mulai lebih selektif dalam memilih perusahaan tujuan kerja, dengan mempertimbangkan reputasi perusahaan serta kompensasi yang ditawarkan. PT Unilever sebagai salah satu perusahaan multinasional di sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG) perlu memiliki strategi yang tepat untuk menarik minat calon pelamar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah e- recruitment, reputasi perusahaan, dan kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat melamar kerja di PT Unilever pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 242 responden yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t pada tingkat signifikansi 5 persen menunjukkan bahwa e-recruitment, reputasi perusahaan, dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja mahasiswa. Dari ketiga variabel tersebut, kompensasi menjadi faktor yang paling dominan memengaruhi minat melamar kerja, disusul oleh e-recruitment. Temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu meningkatkan strategi rekrutmen dan citra positif perusahaan untuk menarik minat generasi Z yang akan memasuki dunia kerja.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/106214
    Collections
    • Undergraduate Theses [4516]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV