• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pedagang Panglong Antar Etnis Jawa, Cina, India(Studi Etnografi Kota Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang)

    View/Open
    Fulltext (2.986Mb)
    Date
    2019
    Author
    Ayesha, Grace
    Advisor(s)
    Savitri, Nita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini menggambarkan tentang bagaimana strategi antar pedagang panglong antar etnis di Kota Lubuk Pakam. Hubungan konflik antar etnis yang terjadi, hubungan antar pedagang satu dengan yang lain, strategi dan cara mempertahankan pembeli, dan tanggapan pembeli dan pelanggan tentang pedagang panglong suku Jawa, Cina, dan India. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa-apa saja penerapan strategi antar pedagang panglong etnis Jawa, Cina, dan India Tamil yang berbeda-beda dalam merapkan strategi dan menunjukkan serta menonjolkan strateginya dalam mempertahankan pembeli dan pelanggan. Selain itu tanggapan para pembeli dan pelanggan terhadap panglong Cina, Jawa, dan Tamil. Strategi yang diberikan berbeda-beda setiap panglong, dan ada beberapa yang memiliki kesamaan dalam mempertahankan pembeli dan dalam melakukan pelayanan kepada konsumen yang hendak membeli. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik observasi langsung, dan mencari data dengan wawancara mendalam menggunakan interview guide ( pedoman wawancara ) tujuan untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Penelitian ini juga membuat dokumentasi gambar pendukung dari hasil penelitian dan perekaman saat melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penjualan dan dari segi harga atau pelayanan yang paling di tonjolkan dalam mempertahankan pembeli agar tidak pergi ke panglong lain. Dan ada beberapa melihat dan melayani rasa kesukuan, tetapi tidak memandang harga, dan ada beberapa hanya merasa puas dan senang karena harga yang murah tapi kualitas belum terjamin. Hasil wawancara menunjukkan adanya rasa kenyamanan ketika ia berbelanja, ada juga melihat harga yang murah, dan ada yang melihat karena kesukubangsaan.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10864
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV