dc.description.abstract | Skripsi ini menggambarkan tentang bagaimana strategi antar pedagang panglong antar etnis di Kota Lubuk Pakam. Hubungan konflik antar etnis yang terjadi, hubungan antar pedagang satu dengan yang lain, strategi dan cara mempertahankan pembeli, dan tanggapan pembeli dan pelanggan tentang pedagang panglong suku Jawa, Cina, dan India.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa-apa saja penerapan strategi antar pedagang panglong etnis Jawa, Cina, dan India Tamil yang berbeda-beda dalam merapkan strategi dan menunjukkan serta menonjolkan strateginya dalam mempertahankan pembeli dan pelanggan. Selain itu tanggapan para pembeli dan pelanggan terhadap panglong Cina, Jawa, dan Tamil. Strategi yang diberikan berbeda-beda setiap panglong, dan ada beberapa yang memiliki kesamaan dalam mempertahankan pembeli dan dalam melakukan pelayanan kepada konsumen yang hendak membeli.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik observasi langsung, dan mencari data dengan wawancara mendalam menggunakan interview guide ( pedoman wawancara ) tujuan untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Penelitian ini juga membuat dokumentasi gambar pendukung dari hasil penelitian dan perekaman saat melakukan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penjualan dan dari segi harga atau pelayanan yang paling di tonjolkan dalam mempertahankan pembeli agar tidak pergi ke panglong lain. Dan ada beberapa melihat dan melayani rasa kesukuan, tetapi tidak memandang harga, dan ada beberapa hanya merasa puas dan senang karena harga yang murah tapi kualitas belum terjamin. Hasil wawancara menunjukkan adanya rasa kenyamanan ketika ia berbelanja, ada juga melihat harga yang murah, dan ada yang melihat karena kesukubangsaan. | en_US |