• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Japanese Literature
    • Diploma Papers
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Japanese Literature
    • Diploma Papers
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kakuro Puzzle

    カックロのパズレ

    View/Open
    Fulltext (3.789Mb)
    Date
    2017
    Author
    Purba, Marianti
    Advisor(s)
    Arfianty, Rani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kertas karya ini berjudul “KAKURO PUZZLE”. Game atau permainan merupakan suatu alat bermain yang digunakan untuk menghibur hati. Game atau permainan merupakan media hiburan yang sudah dikenal sejak lama. Game atau permainan dapat dimainkan oleh berbagai peringkat umur tua maupun muda. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Macam-macam game atau permainan yaitu: 1. Permainan papan (board game) permainan dalam jenis ini membutuhkan papan. Contohnya adalah Catur, dan Ludo. 2. Permainan kartu (card game) merupakan permainan yang dimainkan dengan kartu. Contohnya adalah caps banting. 3. Permainan teka-teki (puzzle game) adalah permainan yang menguji kecerdikan atau pengetahuan seseorang untuk mengasah pikiran. Contohnya meliputi teka-teki logika (logic puzzle) seperti: Sudoku, Kakuro, Hitori, Filomino. Teka-teki kombinasi (combination puzzle) seperti: Rubik’s cube dan Hanoi tower. Teka-teki gambar seperti: jigsaw. Teka-teki kata (word puzzle) seperti: Teka-teki silang (TTS). Penulisan kertas karya ini bertujuan untuk menjelaskan arti, dan tata cara aturan permainan kakuro. Kakuro atau Kakkuro (Bahasa Jepang: カックロ) adalah permainan tekateki angka numerik yang menyerupai teka-teki logika (logic puzzle). Kakuro memiliki tingkat kesulitan permainan dari yang mudah hingga rumit. Cara terbaik menjawab kakuro adalah seperti sudoku, memakai logika sangat baik memulai teka-teki dengan mencari kotak angka soal yang pendek (di mana hanya ada 2 atau 3 kotak untuk setiap soal). Angka tertentu hanya bisa dibuat dengan 1 kombinasi angka-angka. Sebagai contoh, angka 4 hanya bisa dibuat dengan kombinasi angka 3+1 (2+2 tidak diperbolehkan). Dalam kertas karya ini penulis menggunakan metode studi pustaka. Menurut M. Nazir (1988) metode studi pustaka adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Permainan teka-teki (puzzle game) seperti kakuro puzzle bisa membuat kita berpikir, mencari dan menemukan jawaban. Sehingga menambah wawasan dan mengasah kemampuan otak.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10937
    Collections
    • Diploma Papers [164]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV