Ketersediaan Koleksi Bidang Pendidikan Agama Islam dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
View/ Open
Date
2018Author
S, Fitri Rahma Sari
Advisor(s)
Nasution, Laila Hadri
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan informasi pada saat ini telah berkembang sangat pesat,
seiring dengan kemajuan zaman dan memiliki peran penting bagi kehidupan
manusia. Dalam kemajuannya, masyarakat harus mengikuti perkembangan
informasi tersebut. Informasi dapat diperoleh tidak hanya dari pendidikan formal,
lingkungan, ataupun internet, tetapi melalui membaca buku dapat diperoleh
informasi yang baru. Salah satu tempat untuk mendapatkan informasi adalah
perpustakaan. Dalam lembaga pendidikan perguruan tinggi, perpustakaan
merupakan salah satu sarana pendidikan yang berfungsi sebagai pusat penyebaran
informasi.
Komponen yang sangat penting dalam sebuah perpustakaan adalah
koleksi. Koleksi perpustakaan merupakan modal utama bagi perpustakaan dan
menjadi daya tarik bagi pemustaka untuk berkunjung ke perpustakaan. Sedikitnya
jumlah koleksi suatu perpustakaan merupakan salah satu kendala bagi seseorang
untuk memperoleh informasi. Akan tetapi banyaknya jumlah koleksi sebuah
perpustakaan bukan menjadi tolak ukur yang paling utama bagi idealnya sebuah
perpustakaan. Jika sarana dan prasarana kurang memadai serta masih jauh dari
kesesuaian dengan kebutuhan pengguna maka hal ini merupakan kendala bagi
pengguna untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Menurut Noerhayati
(2003: 137) bahwa “Pemakai informasi mempunyai kebutuhan informasi yang
berbeda sehingga sumber informasi yang diperlukan juga berbeda”. Dalam hal ini,
pustakawan harus berupaya menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan
informasi pemustaka. Koleksi yang ada di perpustakaan harus disesuaikan pula
dengan visi dan misi dari perpustakaan, perencanaan strategi, kebijakan dan
tujuannya.
Collections
- Diploma Papers [230]