• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E-Servicescape Dan E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Medan)

    Thumbnail
    View/Open
    Cover (1.227Mb)
    Full Text (7.009Mb)
    Date
    2025-10-15
    Author
    Fahlevi, Teuku Muhammad Raihan
    Advisor(s)
    Siregar, Onan Marakali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan pelanggan berkaitan erat dengan seberapa baik pengalaman yang mereka rasakan terhadap layanan yang mereka dapatkan dari Shopee. Dalam persaingan e-commerce yang semakin ketat, kepuasan pelanggan menjadi faktor penting untuk mempertahankan loyalitas dan memperkuat posisi pasar. Salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan tersebut adalah E-Servicescape, yaitu kualitas lingkungan layanan secara virtual, serta E-Service Quality, yaitu kualitas layanan berbasis digital yang dirasakan oleh pengguna. Perhatian pada kedua aspek ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman belanja yang positif dan mendorong kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Servicescape dan E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada pengguna Shopee di Kota Medan. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana variabel E- Servicescape dan E-Service Quality dapat meningkatkan Customer Satisfaction dalam pengalaman belanja konsumen secara digital pada Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengguna Shopee di Kota Medan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara variabel independen (E- Servicescape dan E-Service Quality) terhadap variabel dependen (Customer Satisfaction). Berdasarkan uji penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa E-Servicescape dan E-Service Quality secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction. Dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 70,5%, dapat disimpulkan bahwa kedua variabel ini memberikan kontribusi yang besar dalam memengaruhi Customer Satisfaction pengguna Shopee di Kota Medan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/110291
    Collections
    • Undergraduate Theses [1455]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV