Browsing Technical Supporting Units by Author "Murniaty"
Now showing items 1-19 of 19
-
Konsep Kewirausahaan (Enterpreneurship) pada Institusi Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2016)Perpustakaan pada hakekatnya adalah sebuah institusi layanan publik yang bersifat nirlaba (not for profit organization) yang memiliki beragam sumber daya informasi tetapi dengan tujuan tidak mencari keuntungan. Berbeda ... -
Kontribusi USU Repository dalam Pemeringkatan USU pada Webometrics
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2011)Suatu perguruan tinggi dikatakan baik apabila sarana perguruan tinggi dapat menunjang tujuan utama perguruan tinggi tersebut. Salah satu sarana penunjang bagi keberhasilan program atau tujuan utama perguruan tinggi adalah ... -
Manajemen dan Organisasi Perpustakaan Sekolah
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2006)Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan, Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai penunjang ... -
Manajemen dan Organisasi Taman Bacaan Masyarakat
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2012)Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah sebuah wadah yang bergerak di bidang pendidikan yang bertujuan untuk memberikan layanan bahan bacaan bagi masyarakat dalam rangka mendorong dan menumbuhkembangkan masyarakat gemar membaca ... -
Membangun Image Pustakawan Melalui Keterampilan Berkomunikasi
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2006)Sampai saat ini image masyarakat tentang pustakawan masih belum banyak berubah. Di Amerika Serikat, orang kalau ditanya atau diminta menggambarkan tentang sosok seorang pustakawan, maka mereka akan menyebutkan Marian, ... -
Mengembangkan Layanan Open Access USU Repository Memanfaatkan Open Source DSpace
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2011)Sumberdaya informasi berkembang dengan sangat cepat. Perkembangan informasi ini didukung oleh perkembangan yang pesat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Aplikasi TIK memunculkan sistem akses dan temu-balik ... -
Mewujudkan Pelayanan Prima di Bagian Pelayanan Pengguna Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2008)Dewasa ini berbagai lembaga atau institusi, baik pemerintah ataupun swasta berlomba-lomba untuk memperbaiki sistem kerja dan kinerjanya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dan memanjakan penggunanya. ... -
Pelayanan Perpustakaan Tolak Ukur Keberhasilan Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2011)Pelayanan perpustakaan merupakan salah satu kegiatan utama sebuah perpustakaan termasuk perpustakaan umum yang dilakukan baik langsung maupun tidak langsung dengan pengguna jasa perpustakaan. Layanan perpustakaan umum ... -
Pengembangan Minat Baca Masyarakat : Upaya Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Desa dalam Mengembangkan Minat Baca Masyarakat Penggunanya
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2013)Perpustakaan adalah sarana “umum” yang menyediakan sumber bacaan bagi masyarakat. Kata “umum” berarti merujuk pada semua orang, tidak ada pengecualian, karena meningkatkan minat baca semua orang merupakan tujuan utama ... -
Penyediaan Sumberdaya Informasi Elektronik: Upaya Pustakawan dalam Mengembangkan Layanan Konten Open Access di Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2015)Perpustakaan seyogyanya adalah sebuah repositori informasi dengan tujuan pendirian untuk memenuhi kebutuhan informasi setiap orang atau penggunanya. Penerapan sistem teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan perpustakaan ... -
Peran CONSAL dalam Mengembangkan Profesionalisme Pustakawan di Asia Tenggara
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2012)Indonesia akan menjadi tuan rumah Kongres Pustakawan se-Asia Tenggara ke 15 (CONSAL XV) yang akan diadakan di Denpasar, Bali pada tanggal 28 – 31 Mei 2012. Dalam kongres tersebut akan berkumpul pustakawan se-Asia Tenggara ... -
Peran Public Relations dalam Organisasi Perpustakaan dan Manfaatnya Bagi Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2011)Rendahnya minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan merupakan sebuah isu yang masih sering kita dengar akhir-akhir ini. Pada akhirnya para pengelola perpustakaan/pustakawan selalu mengkambing hitamkan kurangnya dana, ... -
Perubahan Paradigma Layanan Perpustakaan untuk Generasi Digital Immigrant dan Generasi Digital Native
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2012)Perkembangan perpustakaan dalam dua dasa warsa terakhir menunjukkan perubahan yang sangat besar, antara lain dipicu oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat setelah munculnya internet pada tahun 1990-an. ... -
Promosi Jasa Pelayanan Referensi di Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2006) -
Proses Komunikasi di Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2006)Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini sangat mempengaruhi aktivitas kehidupan manusia. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang membutuhkan informasi, baik informasi yang sesuai dengan bidang ilmu ... -
Sistem Pelayanan Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Sekolah
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2013)Perpustakaan sebenarnya adalah suatu lembaga layanan masyarakat di bidang ilmu pengetahuan dengan koleksi bahan pustaka yang dimiliki baik dalam bentuk tercetak, terekam, ataupun koleksi berbasis online. Tugas dari ... -
Strategi Komunikasi pada Pelayanan Referensi (Reference Service) di Perpustakaan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2008)Apa yang ada dalam benak orang ketika mendengar kata Perpustakaan? Bagi para pecinta buku, Perpustakaan merupakan suatu ‘surga’ tempat mereka mendapatkan kebahagiaan intelektual. Bagi mereka Perpustakaan adalah gudang ilmu ... -
Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan di Indonesia
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2014)Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah perpustakaan untuk masyarakat sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan, yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan ... -
Upaya Membangun Citra Diri Melalui Pembentukan Personal Branding Pustakawan
Murniaty (Universitas Sumatera Utara, 2016)Di era persaingan global seperti sekarang, keberadaan sebuah profesi (termasuk anggota profesi) membutuhkan eksistensi diri untuk dikenal oleh masyarakat. Agar dikenal maka diperlukan usaha-usaha untuk memperkenalkan diri ...