Fungsi Sosial Kyuushoku pada Murid-Murid SD di Jepang
View/ Open
Date
2018Author
Tarigan, Ramadina
Advisor(s)
Situmorang, Hamzon
Metadata
Show full item recordAbstract
Negara Jepang merupakan negara yang sukses dalam memajukan pendidikannya terlihat pada pengaturan sistem pendidikannya yang tertata dengan baik dimana seluruh lembaganya berkerjasama dan melaksanakan peranannya masing-masing secara optimal mulai dari lembaga administrasi, lembaga pendidikan, lembaga pengawas kurikulum dll. Serta adanya dukungan yang baik antarapemerintah, kepala sekolah, guru, murid dan orang tua yang turut berperan terhadap majunya pendidikan di negara tersebut. Kerjasama yang baik antar seluruh komponen negara inilah yang mampu membawa kesuksesan negara Jepang hingga mampu mencapai seluruh tujuan-tujuan pendidikan yang dicanangkannya kurang dari 25 tahun dan tercatat sebagai negara dengan kualitas dan sistem pendidikan terbaik se-Asia, sungguh prestasi yang mengagumkan.
Di dalam kehidupan Jepang, kebudayaan menjadi basis utama dalam segala aspek kehidupan sosial di Jepang tak terkecuali dalam bidang pendidikan
Sistem atau budaya pendidikan di Jepang yang terkenal berkualitas tentu salah satu penunjang kualitas hidup baik di negara tersebut selain kebiasaan masyarakatnya dalam mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Paduan antara dua “senjata” tersebut menghasilkan SDM yang luar biasa. Tidak ada lagi yang perlu diragukan bahwa budaya disiplin di jepang memang sangat tinggi. Salah satu budaya masyarakat jepang yang menjadi kebiasaaan baik dan memberi dampak sosial baik diri sendiri maupun terhadap ingkungan yang diajarkan dalam pendidikan dari usia dini sampai menengah atas yaitu KYUUSHOKU atau makan siang anak sekolah di Jepang.
Makan Siang Sekolah atau yang dikenal sebagai kyuushoku pertama kali dihidangkan pada tahun 1889 di Periode Meiji dengan etos “Negara Kaya, Militer Kuat” .Kyuushoku atau makan siang di sekolah ini adalah salah satu sistem unik dalam pola pendidikan di sekolah Jepang. Pemberian Kyuushoku ini sudah diberikan sejak dari taman kanak-kanak sampai pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Sistem pendidikan yang sangat bagus sekali hingga begitu terjaga kelanggengannya hingga berpuluh puluh tahun.Sistem makan siang bersama-sama yang dilakukan di sekolah ini mempunyai berbagai macam tujuan, di antaranya Agar anak murid tetap mendapatkan kandungan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsinya, Belajar melihat menu makan sehat dari penyajian di sekolah dan diharapkan mampu untuk menerapkannya nanti dalam kehidupannya sehari-hari,Mempererat kebersamaan, rasa saling tolong-menolong dan mengenalkan arti kerja sama yang baik.,Mau menghargai dan bersyukur akan hidangan yang tersaji.
Meski umumnya menu makan siang disiapkan oleh para pegawai purna waktu, baik di dapur besar sekolah atau di fasilitas dapur pusat tempat mempersiapkan menu makan siang bagi seluruh distrik sekolah, dan tidak hanya sekadar mengedepankan aspek kesehatan, melalui kyuushoku (給食) pun para siswa dapat belajar untuk menjadi bertanggungjawab. Setiap minggu, setiap siswa yang berbeda akan ditunjuk sebagai kyuushoku atau petugas makan siang. Mereka akan diberikan tanggung jawab untuk menyiapkan, menghidangkan, dan membereskan makan siang.’ Penempaan mental untuk rasa kebersamaan, gotong royong, tenggang rasa, bersyukur dan mau bekerja keras, memang sudah semestinya harus kita ajarkan, didik dan terapkan sejak kecil. Bukan hanya dikoarkan koarkan melalui lisan atau menyuruh anak-anak membaca buku edukasi saja. Tapi perlu adanya kegiatan dalam bentuk nyata di mana anak pun melihat dan bisa berperan aktif di dalamnya, ternyata jauh lebih manjur dan cepat terserap oleh anak anak kita. Di sinilah, kita sebagai orang tua dan pihak sekolah tentunya, ternyata mempunyai andil paling besar dalam pembentukan kepribadian anak-anak di masa yang akan datang. 日本にほんは教育きょういくが進すすんでいる国くにである。これは行政機関ぎょうせいきかん、教育機関きょういくきかんなどからそれぞれの役割やくわりを最適さいてきに協力きょうりょくして実行じっこうして、教育制度きょういくせいどの整然せいぜんとした構成こうせいに見
み
える。そして、政府せいふ、校長こうちょう、教師きょうし、学生がくせいなどでもその教育きょういくにおける進歩しんぽの役割やくわりもある。日本にほんが先進国せんしんこくになっているのはその様々さまざまな人ひとたちの良
よ
い協力きょうりょくのおかげである。そのため、25年未満ねんみまんで宣言せんげんされたすべての教育目標きょういくもくひょうを達成たっせいし、アジアあじあ中じゅうで最高さいこうの品質ひんしつと教育制度きょういくせいどを持
も
っている国くにになっている。
日本社会にほんしゃかいにおいては、日本社会にほんしゃかいのあらゆる面めんで文化ぶんかが主要しゅようなものになっている。教教育きょうきょういくの分野ぶんやでも例外れいがいではない。
日本人にほんじんがいい生活せいかつを持
も
っている理由りゆうは健康食品けんこうしょくひんを食
た
べる人々ひとびとの習慣しゅうかんに加くわえて、世界中せかいじゅうで一番最高制度いちばんさいこうせいどの一ひとつが知
し
られている日本教育制度にほんきょういくせいどや文化ぶんかも影響えいきょうを与あたえる。その二ふたつの側面そくめんが混
ま
じった結果けっか、素晴すばらしい人材じんざいも現あらわれる。言
い
うまでもなく、日本社会にほんしゃかいにおける勤勉きんべんの文化ぶんかを持
も
っている人ひとが多おおいである。幼少時代ようしょうじだいから高校時代こうこうじだいまで、教育きょういくの 中なかで教おしえられている自分自身じぶんじしんと環境かんきょうの両方りょうほうに良
よ
い習慣しゅうかんと社会的影響しゃかいてきえいきょうを与あたえた日本社会にほんしゃかいにおける文化ぶんかの一ひとつは給食である。
学校がっこうで昼ひるご飯はんを食
た
べるという給食きゅうしょくの文化ぶんかは「富国強兵ふこくきょうへい 」の制度せいどを通とおして、初はじめて1889年ねんの明治時代めいじじだいに紹介しょうかいされた。給食きゅうしょくあるいは、学校がっこうでご飯はんを食
た
べることはユニゆにーク
く
な日本学校制度にほんがっこうせいどの一つである。給食制度きゅうしょくせいどにおいては、幼稚園ようちえんから高校こうこうまでも昼ひるごはんが提供ていきょうされる。この制度せいどが本当ほんとうに良
よ
くて、役えきに立
た
つので何十年なんじゅうねんにもわたっている。学生がくせいが十分じゅうぶんな栄養を得て、学校がっこうに提供ていきょうされた健康的けんこうてきな食事しょくじを知
し
って、相互そうごの援助えんじょの感覚かんかくや協力感覚きょうりょくかんかくや一体感いったいかんを固かためるためである。昼ひるごはんは通常正社員つうじょうせいしゃいんの従業員じゅうぎょういんが用意よういしているが、大規模だいきぼな学校がっこうのキッチンきっちんまたはセントラルキッチンせんとらるきっちんの施設しせつでも、学校区全体がっこうくぜんたいの昼ひるごはんを準備じゅんびする。そして、単たんに健康面けんこうめんのためだけではなく、学生がくせいも責任をどのように負うことを学まなぶことができるのかのためである。毎週まいしゅう、違ちがう生徒せいとを給食きゅうしょくの管理人かんりにんとして任命にんめいされる。その給食きゅうしょくの管理人かんりにんとして任命にんめいされる学生がくせいは給食きゅうしょくの準備じゅんびや給食きゅうしょくの片付かたづけけという責任せきにんを持
も
つ。いったいかん、寛容感かんようかん、感謝感かんしゃかんといったいろいろな感覚かんかくは子供こどもとときから教おしえるべきである。命令めいれいや言葉ことばだけ通つうじて、教おしえるすべきではない。しかし、子供こどもが自分じぶんの目
め
で実際じっさいにその活動かつどうを見
み
て、積極的せっきょくてきに役割やくわりも背負せおったほうが結果的けっかてきであり、よりわかりやすいである。両親りょうしんや学校がっこうは将来子供しょうらいこどもの人格じんかくの形成けいせいに最大さいだいの貢献こうけんを持
も
つことが判明はんめいした。
Collections
- Undergraduate Theses [525]