Show simple item record

dc.contributor.advisorHusin, Amir
dc.contributor.advisorSetyowati, Lies
dc.contributor.authorIlmiawan, Dwiki Fahmi
dc.date.accessioned2019-02-20T02:15:23Z
dc.date.available2019-02-20T02:15:23Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11681
dc.description.abstractTransportasi merupakan salah satu sumber emisi udara. Salah satu cara untuk mengurangi emisi udara yang bersumber dari transportasi adalah penerapan transportasi massal. Transportasi massal yang dibahas dalam penelitian ini adalah transportasi berupa Bus Rapid Transit (BRT) yang akan dioperasikan di Kota Medan. Parameter emisi yang menjadi objek penelitian ini adalah gas Karbon Monoksida (CO). Metode pengambilan data primer adalah melalui penghitungan volume lalu lintas (traffic counting) selama 1 jam di tiga titik di kota medan pada hari kerja (weekday) dan pada hari libur (weekend). Jumlah kendaraan dapat dikonversikan menjadi beban emisi kendaraan dengan menggunakan konversi faktor emisi dan konversi satuan mobil penumpang. Volume kendaraan kemudian diproyeksikan hingga tahun 2023 dengan proyeksi geometri. Skenario penggunaan transportasi massal BRT dalam penelitian ini dilakukan dengan mengkonversikan 30% dari kendaraan jenis mobil dan sepeda motor ke BRT yang berkapasitas 50 penumpang. Selisih beban emisi kendaraan dengan BRT dan tanpa BRT akan diperoleh persen penurunan beban emisi CO dengan sistem BRT dalam menurunkan beban emisi dari sumber transportasi. Beban emisi CO tertinggi tanpa BRT pada hari kerja dan hari libur ( 2018-2023) adalah pada Jalan Balai Kota yaitu sebesar 45.010,6 gram/jam - 60.034,60 gram/jam . Sementara pada hari libur, beban emisi CO tertinggi tanpa skenario BRT yaitu sebesar 31.164,96 gram/jam - 41.210,72 gram/jam. Beban emisi tertinggi dengan skenario BRT pada hari kerja dan hari libur tahun 2018 hingga 2023 adalah pada Jalan Balai Kota yaitu sebesar 35364,44 gram/jam - 47.325,19 gram/jam pada hari kerja dan 24.624,94 gram/jam hingga 32.562,58 gram/jam pada hari libur. Rata-rata persentase penurunan beban emisi CO di Jalan Gatot Subroto sebesar 23% dan pada hari libur sebesar 25%. Jalan Balai Kota, rata-rata penurunan beban emisi CO pada hari kerja dan hari libur sebesar 21%. Di Jalan Sisingamangaraja rata-rata penurunan beban emisi CO pada hari kerja sebesar 24% hingga 23% dan hari libur sebesar 24%en_US
dc.description.abstractTransportation is one of air emission source. One of the way to reduce air emission that sourced from transportation is mass transportation application. The mass transportation that will discussed in this research is Bus Rapid Transit (BRT) that will be operated in Medan City. Emission parameter that will be the object of this research is Carbon Monoxide (CO). Data retrieval methods in this research is by traffic conting along 1 hour in three points in Medan City. Amounts of vehicle can be converted into emission load by emission factor conversion and passenger car unit factor. Than, vehicle volume forecasted until 2023 by geometric forecast. Forecast value of the vehicle can be converted into emission load. BRT application scenario do by convert 30% of vehicle in variaton car and motorcycle into BRT which the capacity is 50 passenger. From the ratio of emission load by BRT system and without BRT system, can be calculated the CO derease percentage by BRT system in reduce emission load from transportation source. From the results of calculations, on weekday, the highest CO emission load without BRT in Jalan Balai Kota is about 45.010,6 grams/hour - 60.034,60 grams/hour . While in weekend, the highest CO emission load without BRT is about 31.164,96 grams/hour - 41.210,72 grams/hour. The highest emission load factor with BRT in the weekday and weekend 2018-2023 is at Jalan Balai Kota is about 35364,44 grams/hour - 47.325,19 grams/hour in weekday kerja and 24.624,94 grams/hour - 32.562,58 grams/hour at weekend. The percentage CO emission load decrease average in Jalan Gatot Subroto in weekday is about 23% and in weekend is about 25%. At Jalan Balai Kota, the average of percentage CO emission factor decrease in weekday and weekend is about 21%. At Jalan Sisingamangaraja, the average of percentage CO emission factor decrease in weekday is about 24% - 23% and in weekend is about 24%en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectProyeksien_US
dc.subjectPenurunanen_US
dc.subjectKarbon Monoksidaen_US
dc.subjectBeban Emisien_US
dc.subjectBus Rapid Transiten_US
dc.titleProyeksi Penurunan Beban Emisi CO di Sumber Transportasi padai Beberapa Ruas Jalan Kota Medan dengan Skenario Sistem Bus Rapid Transit (BRT)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM140407044en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record