Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada Masyarakat Kota Pematangsiantar
View/ Open
Date
2017Author
Simarmata, Vera Ronauli
Advisor(s)
Sembiring, Beby Karina Fawzeea
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Astra Honda Motor (AHM) is a pioneer of motorcycle industry in Indonesia. This study was a brand equity background that influences the buying decision of Honda motorcycles. This type of research is an explosive research associative is research that aims to determine the relationship between two or more variables and regretion of these variables. Population is people who have bought / are using Honda motorcycles in Pematangsiantar city. Determination of the number of samples using the formula Supramono, so the number of samples in this study as many as 96 people. The sampling technique using incidental sampling method. The data used are primary data and secondary data. Data analysis method used is descriptive analysis method, classical assumption test, multiple linear regression analysis method, and hypothesis test consisting of partial test (t test), simultant significant test (F test) with 5% significant level, and coefficient of determination (R2). The results of this study can be seen that Brand Equity variables that include Brand Awareness, Brand Associations, Quality Perceptions, and Brand Loyalty simultaneously affect the Purchase Decision. The amount of contribution of the four independent variables on the Purchase Decision Structure is 48,8%, while the remaining 51,2% is influenced by other variables not examined in this study. Brand Awareness Variables, Brand Associations, Quality Perceptions, and Brand Loyalty have a partial influence on the Purchasing Decision Structure shown by the significant t-test values of each variable. PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Penelitian ini memiliki latar belakang ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan membeli sepeda motor merek Honda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanansi asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dan seberapa besar pengaruh variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pematangsiantar yang pernah membeli/ sedang menggunakan sepeda motor Honda. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Supramono, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, metode analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji signifikan parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F) dengan taraf signifikan 5%, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Ekuitas Merek yang meliputi Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut terhadap Struktur Keputusan Pembelian adalah 48,8%, sedangkan sisanya 51,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek memiliki pengaruh parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian ditunjukkan dari nilai uji-t signifikan tiap variabel.
Collections
- Undergraduate Theses [4403]