dc.contributor.advisor | Harahap, Agus Salim | |
dc.contributor.author | Zebua, Justin Ventalius | |
dc.date.accessioned | 2019-02-27T01:24:50Z | |
dc.date.available | 2019-02-27T01:24:50Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11918 | |
dc.description.abstract | In the study at the BPJS Health Office in Medan City, the queues were long enough to do
research and there were participants queuing longer. Queue registration system is a queuing
system consisting of counters. The purpose of this thesis research is to provide an overview
of the queue model, determine the size of effectiveness and look for optimal solutions. The
data analyzed are data on busy days on Monday, May 7, 2018, Friday, May 11, 2018, and
Monday, May 14, 2018. Data collection is done in two methods, namely interviews and
observations. Data on arrivals and services obtained are then grouped per 10 minutes.
Furthermore, the examination of the Poisson and exponential distribution tests, determines
the queue model and calculates the measure of effectiveness. The size of the queue
effectiveness in the registration section can be calculated using the model (M / M / 1) :( GD /
∞ / ∞). Queuing system optimization is done in two ways, adding server and Monte Carlo
simulation. The registration queue system will be optimal if added by 1 (one) server. If
optimization uses Monte Carlo simulation, the queuing system capacity must be limited to
achieve optimal results. And the average participant queuing around 5,515 minutes. | en_US |
dc.description.abstract | Pada penelitian di Kantor BPJS Kesehatan Kota Medan memiliki antrian yang cukup panjang
sehingga di lakukan penelitian dan terdapat peserta mengantri lebih lama. Sistem antrian
bagian pendaftaran merupakan sistem antrian yang terdiri dari Loket. Tujuan dari penelitian
skripsi ini yaitu memberikan gambaran model antrian, menentukan ukuran keefektifan dan
mencari solusi optimal. Data yang dianalisis yaitu data hari sibuk pada hari Senin, 07 Mei
2018, Jumat, 11 Mei 2018, dan Senin, 14 Mei 2018. Pengambilan data dilakukan dengan dua
metode yaitu wawancara dan observasi. Data kedatangan dan pelayanan yang diperoleh
kemudian dikelompokkan per 10 menit. Selanjutnya pemeriksaan uji distribusi Poisson dan
eksponensial, menentukan model antrian dan menghitung ukuran keefektifan. Ukuran
keefektifan antrian pada bagian pendaftaran dapat dihitung menggunakan model
(M/M/1):(GD/∞/∞). Optimasi sistem antrian dilakukan dengan dua cara yaitu menambah
server dan simulasi Monte Carlo. Sistem antrian bagian pendaftaran akan optimal jika
ditambah 1 (satu) server. Apabila optimasi menggunakan simulasi Monte Carlo, maka
kapasitas sistem antrian harus dibatasi sampai mencapai hasil optimal. Dan menghasilkan
rata-rata peserta mengantri sekitar 5,515 menit. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Queue | en_US |
dc.subject | Monte Carlo Simulation | en_US |
dc.subject | (M / M / 1) :( GD / ∞ / ∞) | en_US |
dc.subject | Monte Carlo Simulation | en_US |
dc.title | Analisis Sistem Antrian dan Simulasi Pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Kota Medan dengan Menggunakan Metode Monte Carlo | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM160823014 | en_US |
dc.identifier.submitter | Akhmad Danil | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |