Pengaruh E-Servqual dan E-Recovery Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction pada Marketplace E-Commerce di Indonesia
View/ Open
Date
2018Author
Hendra
Advisor(s)
Ginting, Paham
Rini, Endang Sulistya
Sembiring, Beby K. F
Metadata
Show full item recordAbstract
Number of complaints recorded in Indonesia’s online shopping has been rising
since 2013, E-Commerce average bounce rate is more than 43,5%, switching
behavior is above 50% become signals of empirical gap on variables like electronic
loyalty, electronic satisfaction, electronic recovery service quality and electronic
service quality of Indonesian’s E-Commerce. The objective of the study is to
analyze the variables on Indonesia E-Commerce Marketplace. This study involves
300 respondents from 16 provinces in Indonesia. SEM PLS is used as data analysis
with the assistance of SmartPLS 3 software. The results of the study indicate
electronic service quality has a direct and significant effect on electronic loyalty,
electronic service quality has a direct and significant effect on electronic
satisfaction, and electronic satisfaction has a direct and significant effect on
electronic loyalty. While electronic service quality has a significant effect on
electronic loyalty through electronic satisfaction and electronic recovery service
quality has a significant effect on electronic loyalty through electronic satisfaction.
However, electronic recovery service quality does not have a direct and significant
effect on electronic loyalty. The impact of this research is to scale up online
consumer electronic loyalty towards Indonesian Electronic Commerce, through
superior electronic service quality and recovery, which will form electronic
satisfaction and at the end scale up the electronic loyalty of Indonesia E-Commerce. Semakin meningkatnya jumlah pengaduan konsumen Indonesia terhadap
belanja daring sejak tahun 2013, tingkat bounce rate rata-rata E-Commerce
Indonesia lebih dari 43,5%, tingkat consumer switching behavior lebih dari 50%
menjadi indikator dari kesenjangan empiris pada variabel loyalitas, kepuasan,
pemulihan layanan dan kualitas layanan elektronik dari E-Commerce Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel tersebut pada
Marketplace E-Commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 300 responden
dari 16 provinsi di Indonesia yang pernah berbelanja daring dan mendapatkan
pemulihan layanan elektronik. Analisis data menggunakan SEM PLS (Structural
Equation Modelling Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS3.
Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan elektronik berpengaruh langsung
secara positif dan signifikan terhadap loyalitas elektronik, kualitas layanan
elektronik berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kepuasan
elektronik, pemulihan layanan elektronik berpengaruh langsung secara positif dan
signifikan terhadap kepuasan elektronik, dan kepuasan elektronik berpengaruh
langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas elektronik. Demikian juga,
kualitas layanan elektronik secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas
elektronik melalui kepuasan elektronik dan pemulihan kualitas layanan elektronik
secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas elektronik melalui kepuasan
elektronik. Namun, pemulihan kualitas layanan elektronik tidak berpengaruh
langsung terhadap loyalitas elektronik. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan loyalitas elektronik pembeli daring terhadap situs belanja daring
Indonesia, melalui kualitas layanan dan pemulihan kualitas layanan yang baik dari
service provider situs belanja yang akan membentuk kepuasan elektronik konsumen
yang pada akhirnya menambah loyalitas dari situs belanja daring Indonesia.