Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Renjiro Sushi House Multatuli Medan
View/ Open
Date
2018Author
Suvany
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Sembiring, Beby Karina Fawzeea
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan Pelanggan adalah salah satu kunci yang menentukan keberhasilan sebuah perusahaan bahwa produk maupun jasa yang ditawarkan telah memenuhi kebutuhan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang seharusnya dicapai oleh perusahaan. Pelanggan yang tidak puas dengan layanan yang diberikan, maka berkemungkinan pelanggan tidak akan loyal terhadap perusahaan. Perusahaan sewajarnya melakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan sehingga dapat mengupayakan pelayanan yang terbaik. Dalam mengukur kualitas pelayanan, terdapat lima variabel yang dapat digunakan, yaitu reliability, assurance, tangibe, empathy, dan responsiveness. Penelitian ini dilaksanakan di Renjiro Sushi House Multatuli Medan, dimana kelima variabel ini diteliti untuk mengetahui variabel mana yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pengunjung di Renjiro Sushi House Multatuli Medan. Analisa data kuisioner dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa reliability, tangible, empathy, dan responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Renjiro Sushi House Multatuli Medan.