Pengaruh Kesiapan Berubah terhadap Kualitas Komunikasi dan Partisipasi pada Karyawan yang Bekerja di PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk., Medan
View/ Open
Date
2017Author
Masturah, Tira Filzah
Advisor(s)
Mariatin, Emmy
Ginting, Eka Danta Jaya
Metadata
Show full item recordAbstract
Perubahan dalam organisasi dibutuhkan untuk kemajuan dan keberhasilan organisasi. Namun, sering kali perubahan justru menimbulkan penolakan dari para karyawan. Untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas komunikasi serta partisipasi yang baik, dibutuhkan kesiapan untuk berubah dari karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kesiapan berubah terhadap kualitas komunikasi dan partisipasi pada perusahaan yang mengalami perubahan. Subjek penelitian adalah 80 karyawan PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk., area Medan Balaikota dan teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala komunikasi, skala partisipasi, dan skala kesiapan berubah. Data dianalisis secara statistic menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kesiapan berubah terhadap komunikasi dan partisipasi. Dimana kesiapan berubah sangat besar pengaruhnya komunikasi, yaitu sebanyak 98.4%, pada karyawan yang bekerja di perusahaan yang mengalami perubahan. Sedangkan pada partisipasi , kesiapan berubah memberikan pengaruh sebesar 96,7%. \Hal ini membantu perusahaan untuk mengenali strategi yang paling kuat untuk dapat dapat diterapkan pada para karyawan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Changes in the organization are needed for the progress and success of the
organization. However, it often leads to rejection by employees. To get employees with the
quality of communication and good participation, it required readiness to change from the
employees. This study aims to determine the effect of changing readiness on the quality of
communication and participation in companies that experience change. The subjects were 80
employees of PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk., Medan Balaikota Area and sampling technique
is purposive sampling. Data were collected using the scale of communication, the scale of
participation, and the scale of readiness to change. Data were analyzed statistically using
multiple regression analysis. The results of the analysis indicate a significant and positive
influence of changed readiness on communication and participation. Where the readiness to
change gives a significant effect towards communication better than participation. Readiness
change gives 98,4% effect toward communication, and 96,7% effect toward participation. It
helps the company to recognize the most powerful strategic to improve employees readiness of
change, so they could achieve the company purpose.