Show simple item record

dc.contributor.advisorSulistyaningsih, Wiwik
dc.contributor.advisorErvika, Eka
dc.contributor.authorHakisukta
dc.date.accessioned2019-03-05T02:53:28Z
dc.date.available2019-03-05T02:53:28Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/12122
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan melihat efektifitas mindfulness training dalam meningkatkan kebahagiaan pada remaja dengan pola asuh otoriter. Materi yang akan disampaikan melibatkan kegiatan mindfulness secara formal (mindfulness hearing, mindfulness breathing, mindfulness sensation, mindfulness thought and emotion dan choiceless awareness) dan informal (pelaksanaan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari). Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-postest control group design.. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 17 orang remaja yang terbagi dalam kelompok kontrol dan eksperimen secara merata. Pelatihan diberikan oleh guru yang telah memiliki pengalaman dalam memberikan training dan memiliki pengetahuan mengenai mindfulness. Sesi dalam pelatihan dilakukan sebanyak 12 kali. Data kuantitatif diambil dari alat ukur kebahagiaan. Data kuantitatif yang telah terkumpul akan dianalisis dengan statistik non parametrik wilcoxon dan mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kebahagiaan yang signifikan pada remaja dengan pola asuh otoriter setelah diberikan mindfulness training.en_US
dc.description.abstractThe objective of this research is to examine effective of mindfulness training for increasing happiness in Adolescents’ with authoritarian parenting style. Module of mindfulness training based on formal activity of mindfulness training (mindfulness hearing, mindfulness breathing, mindfulness sensation, mindfulness thought emotion and choiceless awareness) and informal activity (mindfulness application in life). The method is using quasi experiment with pre-test post-test control group design. The subject from this research consists of seventeen adolescents, divide into control group and experiment group evenly. Training gives by teacher that has experiences in given training and have knowledge about mindfulness practice. Training session is given twelve times. Qualitative data is taken from happiness tool test. Quantitative data that been collected analyse with nonparametric statistic Mann Whitney and wilcoxon. Research result shows significant increasing number of happiness in adolescents after mindfulness training is given.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKebahagiaanen_US
dc.subjectMindfulness Trainingen_US
dc.subjectRemaja dengan Pola Asuh Otoriteren_US
dc.titleEfektifitas Mindfulness Training untuk Meningkatkan Kebahagiaan Remaja dengan Pola Asuh Otoriteren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM157029019en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record