Pengembangan Protokol Penilaian Kinerja Perawat Berbasis Caring di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan
View/ Open
Date
2018Author
Putra, Eridha
Advisor(s)
Nurmaini
Simamora, Roymond. H.
Metadata
Show full item recordAbstract
Protokol penilaian kinerja perawat berbasis caring merupakan sebuah panduan penilaian kinerja perawat pelaksana yang dikembangkan untuk mengukur kinerja perawat sehari-hari berdasarkan perilaku caring perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protokol penilaian kinerja perawat berbasis caring di Rumah Sakit Santa Elizabeth Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Action Research, penelitian dilakukan dalam 1 (satu) siklus dari bulan Juli 2017 sampai Februari 2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 18 orang, yang terdiri dari 8 orang perawat manajerial dan 10 orang perawat pelaksana. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan focus group discussion dan kuesioner. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan content analysis dan secara kuantitatif menggunakan uji stastistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan ada 6 tema yang muncul, yaitu: i) Pelaksanaan penilaian kinerja yang sudah berjalan, ii) Indikator kinerja perawat yang harus dinilai, iii) Hambatan dalam pelaksanaan penilaian kinerja, iv) Faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian kinerja, v) Pemahaman manajerial tentang penilaian kinerja berbasis caring dan vi) Harapan terkait pelaksanaan penilaian kinerja. Pengetahuan perawat manajerial tentang protokol penilaian kinerja perawat berbasis caring sebelum perumusan protokol memiliki pengetahuan baik sebanyak 62,5%, sedangkan pengetahuan manajerial setelah perumusan protokol memiliki pengetahuan baik meningkat menjadi 87,5%.
Penelitian ini menghasilkan suatu protokol penilaian kinerja perawat berbasis caring, yang perlu diterapkan oleh manajerial rumah sakit. Protokol ini direkomendasikan kepada pihak manajerial keperawatan dalam mengukur kinerja perawat secara spesifik, sehingga dapat mengurangi komplain dari pasien terhadap pelayanan rumah sakit dan diharapkan meningkatkan mutu asuhan keperawatan.
Collections
- Master Theses [453]