• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Nursing
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Nursing
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Continuing Professional Development (CPD) Pelaksanaan Praktik Pendidikan Kesehatan pada Perawat Terampil di Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Deli Medan

    View/Open
    fulltext (3.239Mb)
    Date
    2018
    Author
    Fajarnita, Arpina
    Advisor(s)
    Setiawan
    Simamora, Roymond. H.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Protokol pemberian pendidikan kesehatan berbasis Continuing Professional Development (CPD) merupakan suatu panduan yang dikembangkan sebagai pedoman dalam menerapkan pemberian pendidikan kesehatan yang disertai dengan alur dan modul untuk pengembangan keperawatan berkelanjutan bagi perawat terampil dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protokol pemberian pendidikan kesehatan berbasis Continuing Professional Development (CPD) pada perawat terampil di ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Deli Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research, yang dilakukan dalam 1 (satu) siklus dari Juni 2017 sampai Januari 2018. Partisipan dalam penelitian ini adalah 13 orang perawat, yang diambil secara purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah panduan Focus Group Discussion (FGD) dan kuesioner. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan content analysis dan secara kuantitatif menggunakan uji statistic deskriptif. Hasil penelitian teridentifikasi 5 (lima) tema, yaitu: (i) pelaksanaan pemberian pendidikan kesehatan kurang optimal, (ii) faktor pendukung perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan, (iii) manfaat protokol pendidikan kesehatan berbasis CPD, (iv) kendala perumusan protokol pendidikan kesehatan berbasis CPD, dan (v) harapan terhadap protokol pendidikan kesehatan berbasis CPD. Pengetahuan manajerial rumah sakit dan perawat terampil tentang pendidikan kesehatan sebelum perumusan protokol pendidikan kesehatan meningkat dari 61,5% menjadi 84,6% dengan nilai mean (rata-rata) meningkat dari 0,62 menjadi 0,85. Penelitian ini menghasilkan suatu protokol pemberian pendidikan kesehatan yang telah menjadi kebijakan baru yaitu Standar Prosedur Operasional (SPO), alur, dan modul pendidikan kesehatan berbasis CPD yang dilengkapi dengan unjuk kompetensi untuk perawat terampil. Penelitian ini direkomendasikan kepada pihak manajerial rumah sakit untuk dapat menjalankan pelaksanaan pemberian pendidikan kesehatan kepada pasien sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) pemberian informasi dan edukasi pasien, alur dan modul pendidikan kesehatan berbasis CPD.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/12323
    Collections
    • Master Theses [453]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV