Show simple item record

dc.contributor.advisorSetiawan
dc.contributor.advisorSimamora, Roymond. H.
dc.contributor.authorFajarnita, Arpina
dc.date.accessioned2019-03-12T01:51:09Z
dc.date.available2019-03-12T01:51:09Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/12323
dc.description.abstractProtokol pemberian pendidikan kesehatan berbasis Continuing Professional Development (CPD) merupakan suatu panduan yang dikembangkan sebagai pedoman dalam menerapkan pemberian pendidikan kesehatan yang disertai dengan alur dan modul untuk pengembangan keperawatan berkelanjutan bagi perawat terampil dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protokol pemberian pendidikan kesehatan berbasis Continuing Professional Development (CPD) pada perawat terampil di ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Deli Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research, yang dilakukan dalam 1 (satu) siklus dari Juni 2017 sampai Januari 2018. Partisipan dalam penelitian ini adalah 13 orang perawat, yang diambil secara purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah panduan Focus Group Discussion (FGD) dan kuesioner. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan content analysis dan secara kuantitatif menggunakan uji statistic deskriptif. Hasil penelitian teridentifikasi 5 (lima) tema, yaitu: (i) pelaksanaan pemberian pendidikan kesehatan kurang optimal, (ii) faktor pendukung perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan, (iii) manfaat protokol pendidikan kesehatan berbasis CPD, (iv) kendala perumusan protokol pendidikan kesehatan berbasis CPD, dan (v) harapan terhadap protokol pendidikan kesehatan berbasis CPD. Pengetahuan manajerial rumah sakit dan perawat terampil tentang pendidikan kesehatan sebelum perumusan protokol pendidikan kesehatan meningkat dari 61,5% menjadi 84,6% dengan nilai mean (rata-rata) meningkat dari 0,62 menjadi 0,85. Penelitian ini menghasilkan suatu protokol pemberian pendidikan kesehatan yang telah menjadi kebijakan baru yaitu Standar Prosedur Operasional (SPO), alur, dan modul pendidikan kesehatan berbasis CPD yang dilengkapi dengan unjuk kompetensi untuk perawat terampil. Penelitian ini direkomendasikan kepada pihak manajerial rumah sakit untuk dapat menjalankan pelaksanaan pemberian pendidikan kesehatan kepada pasien sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) pemberian informasi dan edukasi pasien, alur dan modul pendidikan kesehatan berbasis CPD.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectProtokol Berbasis CPDen_US
dc.subjectPendidikan Kesehatanen_US
dc.subjectAction Researchen_US
dc.titlePengembangan Continuing Professional Development (CPD) Pelaksanaan Praktik Pendidikan Kesehatan pada Perawat Terampil di Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Deli Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM157046041en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record