dc.description.abstract | Kinerja penjualan Semen Andalas di Sumatera Utara yang pernah
mencapai target hanya di tahun 2007 dan 2008, sedangkan di tahun 2009 dan
2010 tidak mencapai target. Terjadi fluktuasi penjualan setiap tahunnya, karena
persaingan dengan berbagai merek semen yang beredar sangat ketat. Berbagai
upaya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan sehingga target yang
diharapkan tercapai.
Penjualan sangat erat kaitannya dengan keputusan pembelian. Dalam
konsep penjualan, konsumen membeli suatu produk karena berbagai
pertimbangan yang disesuaikan dengan kondisi dan karakter dari konsumen.
Produk dengan tingkat permintaan konsumen yang semakin bertambah atau
berkembang seperti consumer goods, faktor-faktor yang memberikan pengaruh
kepada konsumen dalam memutuskan pembelian produk terdiri dari produk, harga
dan citra merek.
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka permasalahan yang
akan dikaji dalam penelitian ini adalah tidak tercapainya realisasi penjualan semen
Andalas di Kota Medan pada tahun 2009 dan 2010, sehingga perlu diketahui
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli Semen
Andalas.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang dilakukan untuk mengumpulkan,
menabulasi, mengklarifikasi dan menginterprestasikan data dan melakukan
pengujian hipotesis sesuai keperluan yang diinginkan. Pengumpulan data melalui
wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua konsumen semen di Kota Medan yang membeli produk semen
Andalas di toko bangunan, karena besar populasi tidak dapat diketahui secara
pasti berapa jumlahnya, oleh karena itu sulit mencari berapa jumlah populasi yang
tepat. Maka populasi didasarkan pada jumlah toko bangunan yang menjual Semen
Andalas yakni 211 toko.
Hasil dari perhitungan rumus Slovin diperoleh besar sampel sebesar 68 orang.
Dengan pertimbangan terbatasnya waktu, dana dan tenaga, penentuan sampel
menggunakan teknik area sampling. Data yang sudah dikumpulkan kemudian
diolah dengan analisis data kuantitatif, yakni bentuk analisa yang menggunakan
angka-angka dan perhitungan dengan metode statistik yakni uji validitas dan
reliabilitas, analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan
software SPSS versi 17.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) 77% variabel dependen Keputusan
Pembelian Semen Andalas dipengaruhi oleh variabel independen yang terdiri dari
Produk, Harga dan Citra merek. Sedangkan sisanya 23% dipengaruhi oleh
variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. (b) Variabel
yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah
Harga (X2). Variabel tertinggi kedua yang memberikan pengaruh besar terhadap
keputusan pembelian adalah Variabel Citra Merek dan variabel ketiga yang
memberikan pengaruh besar terhadap keputusan pembelian adalah Produk (X1)
yang memiliki nilai koefisien sebesar 0,196 (c) Selama ini di dalam upaya
mempengaruhi keputusan pembelian semen, strategi perusahaan lebih
mengedepankan citra merek, hal ini cukup bertentangan dengan hasil penelitian. | en_US |