• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Brand Equity Deli TV Dalam Industri Penyiaran Televisi Swasta

    View/Open
    fulltext (2.526Mb)
    Date
    2014
    Author
    Barus, Okky Putra
    Advisor(s)
    Matondang, A. Rahim
    Suwilo, Saib
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Persaingan dalam industri televisi yang sangat kompetitif dewasa ini seakan-akan menuntut para pelakunya untuk meningkatkan daya saing agar memperoleh pangsa pemirsa dan iklan yang besar. Salah satu cara mencapainya adalah dengan memiliki brand equity (ekuitas merek) yang kuat, karena kualitas program sangat mudah dan cepat ditiru oleh pesaing. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur elemen-elemen ekuitas merek Deli TV yang terdiri dari brand awareness (kesadaran merek), brand association (asosiasi merek) yang membentuk brand image (citra merek), perceived quality (persepsi kualitas), dan brand loyalty (loyalitas merek). Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif, dimana penelitian ini menguraikan persepsi masyarakat di kota Medan terhadap ekuitas merek Deli TV. Metode sampling yang digunakan adalah probality sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden. Setelah itu data ditabulasikan menggunakan Microsoft Excel dan diolah menggunakan SPSS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner kepada responden dan wawancara dengan pihak perusahaan, serta data sekunder yang diperoleh dari profil perusahaan, studi pustaka, dan internet. Metode pengolahan dan analisis data yaitu dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Skala Likert, Rataan dan Simpangan Baku, Skala Likert, Semantic Differential, dan uji Cochran. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil brand awareness bahwa merek Deli TV mendapatkan posisi top of mind, dari hasil brand association maka terbentuk brand image yaitu tv anak muda, stasiun tv yang membantu band-band indie, lagu-lagu yang di sajikan selalu up to date, acara on air dikemas secara menarik, stasiun tv multi segmen, dan stasiun tv yang memberikan informasi yang up date ( lokal dan nasional), dari analisis perceived quality di dapat bahwa atributatribut yang ada pada Deli TV berada pada rentang baik dan sangat baik, dan dari analisis brand loyalty diketahui bahwa menunjukan tingkat loyalitas committed buyer yang buruk, tapi, hanya sampai dengan kelompok switcher yang menunjukan rentang skala buruk. Sedangkan pada kelompok liking the brand, satisfied buyer dan habitual buyer memiliki rentang skala cukup hingga baik.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/1285
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [551]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV