dc.description.abstract | Menurut Sulistiyo-Basuki (1991: 3) perpustakaan adalah sebuah ruangan,
bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk
menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasa disimpan menurut tata susunan
tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Menurut Soeatminah
(1992: 40), perpustakaan perguruan tinggi adalah perangkat kelengkapan dibidang
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Unsur terpenting
dalam perpustakaan adalah pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan tersebut.
Layanan yang tersedia di perpustakaan akan membantu pengguna dalam
memperoleh informasi yang dibutuhkan.
Seperti yang dikemukakan oleh Soeatminah (1992: 129) bahwa “baik dan
tidaknya perpustakaan tergantung bagaimana pelayanannya, sebab bagian
pelayanan inilah yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan
yang menjadi tolak ukur dan first image bagi sebuah perpustakaan”. Salah satu
pelayanan perpustakaan yang berhubungan langsung dengan pengguna dan sering
digunakan oleh pengguna adalah pelayanan sirkulasi, sehingga pelayanan
sirkulasi dituntut untuk senantiasa memberikan layanan yang serba cepat. Saat ini
perpustakaan ada yang menerapkan layanan sirkulasi dengan bantuan pustakawan,
namun ada juga perpustakaan yang menerapkan layanan sirkulasi dengan sistem
layanan mandiri (self service). Pepustakaan yang menerapkan sistem layanan
mandiri ini akan sangat berbeda dengan sistem layanan yang dilayani oleh
pustakawan. Pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara
(USU) sudah ada yang menggunakan sistem layanan sirkulasi mandiri yang dapat
dipakai pengguna secara langsung. | en_US |