• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Penurunan Piutang Aliran Listrik dalam Rangka Pencapaian Kinerja Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Rayon Medan Kota

    View/Open
    fulltext (1.955Mb)
    Date
    2018
    Author
    Nanda, Firman
    Advisor(s)
    Matondang, A. Rahim
    Amalia, Khaira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan pada penelitian ini adalah tidak tercapainya target jumlah piutang aliran listrik PLN Rayon Medan Kota. Tidak tercapainya target jumlah piutang aliran listrik dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi yang efektif diaplikasikan untuk menurunkan jumlah piutang aliran listrik di PLN Rayon Medan Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Factor Evaluation – IFE Matrix), Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (External Factor Evaluation – EFE Matrix), dan Matriks SWOT. Menggunakan analisis ketiga matriks tersebut dihasilkan rekomendasi strategi yang tepat adalah Strategi Agresif. Beberapa strategi agresif yang dapat dilakukan sebagai alternatif strategi adalah membuat pengembangan aplikasi monitoring penagihan piutang yang berbasis perangkat mobile, sehingga pengawasan pelaksanaan pekerjaan vendor pemutusan dapat terlaksana oleh pihak PLN, serta petugas pemutusan menjadi terbantu dalam melaksanakan pekerjaan pemutusan sesuai standar operasional prosedur. Strategi lain adalah menjalankan kerjasama dengan perbankan untuk mempermudah pembayaran melalui internet banking / mobile banking. Serta strategi agresif lainnya adalah secara rutin melakukan sosialisasi kepada pelanggan dengan memanfaatkan media teknologi informasi, seperti media sosial, mail list, sms blast, dsb, terkait informasi seperti jatuh tempo pembayaran tagihan rekening listrik prosedur pemutusan sementara dan pembongkaran rampung, informasi jadwal pemadaman terencana, informasi perubahan Tarif Dasar Listrik, serta informasi-informasi terkini PLN lainnya untuk membentuk customer engagement (kerekatan pelanggan).
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13818
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV