Show simple item record

dc.contributor.advisorMatondang, A. Rahim
dc.contributor.advisorAmalia, Khaira
dc.contributor.authorNanda, Firman
dc.date.accessioned2019-05-03T06:52:03Z
dc.date.available2019-05-03T06:52:03Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13818
dc.description.abstractPermasalahan pada penelitian ini adalah tidak tercapainya target jumlah piutang aliran listrik PLN Rayon Medan Kota. Tidak tercapainya target jumlah piutang aliran listrik dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi yang efektif diaplikasikan untuk menurunkan jumlah piutang aliran listrik di PLN Rayon Medan Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Factor Evaluation – IFE Matrix), Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (External Factor Evaluation – EFE Matrix), dan Matriks SWOT. Menggunakan analisis ketiga matriks tersebut dihasilkan rekomendasi strategi yang tepat adalah Strategi Agresif. Beberapa strategi agresif yang dapat dilakukan sebagai alternatif strategi adalah membuat pengembangan aplikasi monitoring penagihan piutang yang berbasis perangkat mobile, sehingga pengawasan pelaksanaan pekerjaan vendor pemutusan dapat terlaksana oleh pihak PLN, serta petugas pemutusan menjadi terbantu dalam melaksanakan pekerjaan pemutusan sesuai standar operasional prosedur. Strategi lain adalah menjalankan kerjasama dengan perbankan untuk mempermudah pembayaran melalui internet banking / mobile banking. Serta strategi agresif lainnya adalah secara rutin melakukan sosialisasi kepada pelanggan dengan memanfaatkan media teknologi informasi, seperti media sosial, mail list, sms blast, dsb, terkait informasi seperti jatuh tempo pembayaran tagihan rekening listrik prosedur pemutusan sementara dan pembongkaran rampung, informasi jadwal pemadaman terencana, informasi perubahan Tarif Dasar Listrik, serta informasi-informasi terkini PLN lainnya untuk membentuk customer engagement (kerekatan pelanggan).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPiutangen_US
dc.subjectAliran Listriken_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.titleStrategi Penurunan Piutang Aliran Listrik dalam Rangka Pencapaian Kinerja Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Rayon Medan Kotaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM147007015
dc.description.pages122 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record